Ratusan Siswi MTsN 2 Magelang Ikuti Pemeriksaan Penyakit Anemia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – MTsN 2 Magelang bekerjasama dengan Puskesmas Kaliangkrik melaksanakan pemeriksaaan bagi para siswi remaja putri dalam rangka pencegahan penyakit anemia di Aula MTsN 2 Magelang, Rabu (08/06/2022). Sekitar lebih dari seratus siswi madrasah antusias mengikuti tes pemeriksaan HB dan PTM (Penyakit Tidak Menular).

Tim Medis Puskesmas Kaliangkrik, Nistiti Triana, menyampaikan penyakit anemia bisa dialami oleh siapa saja. Anemia atau kurang darah adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Anemia bisa terjadi sementara atau dalam jangka panjang dengan tingkat keparahan ringan sampai berat. Anemia merupakan gangguan darah atau kelainan hematologi yang terjadi ketika kadar hemoglobin (bagian utama dari sel darah merah yang mengikat oksigen) berada di bawah normal.

Gejala anemia sangat bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Penderita anemia bisa mengalami gejala berupa: lemas dan cepat lelah, sakit kepala dan pusing, sering mengantuk, misalnya mengantuk setelah makan, kulit terlihat pucat atau kekuningan, detak jantung tidak teratur, napas pendek, nyeri dada, dan dingin di tangan dan kaki.

Tim Kesehatan Puskesmas telah menyiapkan alat yang digunakan untuk mendeteksi dan mengetahui kondisi yang di alami siswa terkait dengan Anemia. Setiap siswa secara bergantian di ambil sampel darah menggunakan alat Hemocue, sehingga dapat diketahui kondisi kesehatannya terkait anemia.

“Kita ambil sampel darah setiap siswa, selanjutnya kita cek dengan Hemocue. Kita tunggu tidak sampai satu menit hasilnya akan diketahui,” kata Nistiti Triana, yang sehari-harinya bertugas sebagai ahli nutrisi dan gizi di Puskesmas Kecamatan Kaliangkrik.

Terkait dengan pencegahan anemia, kegiatan monitoring sangat diperlukan agar perkembangan kesehatan remaja putri dapat selalu dipantau sehingga dapat dilakukan pencegahan sekaligus penanganan penyakit anemia.

Kepala Madrasah, Dra. Solihah, MSI, menyampaikan kesehatan para siswa sangat penting bagi peningkatan mutu pendidikan, sehingga kerjasama dengan Puskesmas Kaliangkrik akan terus berlanjut dan bermanfaat bagi warga madrasah.

“Alhamdulillah kita sudah bekerjasama dengan Puskesmas terkait dengan penyakit Anemia. Semoga bermanfaat dan berdampak positif bagi kesehatan warga madrasah khususnya siswa remaja putri” kata Solihah.(KF-m45k/Sua)