Calon Jemaah Haji Temanggung Ikuti Manasik Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Bupati Temanggung yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Temanggung Gotri Wijiyanto membuka kegiatan Manasik Haji tingkat Kabupaten Temanggung yang dilaksanakan di Gedung Graha Bhumi Phala, komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, Minggu (29/5).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kepada seluruh calon jemaah haji tentang pelaksanaan ibadah haji Tahun 2022, selain itu juga bertujuan agar tersampaikannya kebijakan-kebijakan baru terkait dengan penyelenggaraan haji Tahun 2022 dan meningkatnya kebersamaan dan kerjasama antara petugas haji, pembimbing haji dan petugas kesehatan haji dalam penyelenggaraan haji Tahun 2022.

H. Ahmad Muhdzir mengatakan, untuk Kabupaten Temanggung jumlah jemaah haji Tahun 2022 sebanyak 278 jemaah ditambah 2 petugas haji daerah, sehingga keseluruhan berjumlah 280, yang terbagi dalam dua kloter, yang pertama kloter 39 yang tergabung dengan jemaah haji Kabupaten Wonosobo yang rencananya akan diberangkatkan pada tanggal 29 Juni 2022 dan kloter 40 yang tergabung dengan calon jemaah haji Kabupaten Blora yang rencananya akan diberangkatkan pada 30 Juni 2022.

“Sehingga keseluruhan jemaah 280, yang terbagi persis menjadi dua, 140 calon jamaah  haji masuk kloter 39 bergabung dengan Kabupaten Wonosobo dan 140 calon jamaah haji  masuk kloter 40 bergabung dengan Kabupaten Wonosobo,” jelasnya.

Ia menambahkan, manasik haji tingkat Kabupaten Temanggung akan dilaksanakan mulai Minggu s.d.  Senin (29-30 Mei 2022) bertempat di Graha Bhumi Phala. Adapun manasik haji tingkat kecamatan terbagi menjadi lima kelompok yang nanti akan dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 31 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

Sementara Bupati Temanggung yang diwakili oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Temanggung Gotri Wijiyanto merasa bersyukur dengan adanya kuota haji di tahun ini meskipun dengan kuota yang terbatas, sehingga semua dapat menuntaskan rukun Islam yang kelima. Ia berpesan kepada para calon jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan masing-masing, sehingga pada saatnya berangkat semuanya dalam kondisi sehat.

“Dengan pemberangkatan haji ini kami mendoakan bapak ibu semuanya dapat berangkat dengan sehat, dapat menjalankan rukun haji dengan sempurna dan kembali semuanya dalam keadaan sehat dengan predikat haji yang mabrur,” imbuhnya.

“Pemerintah Kabupaten Temanggung senantiasa berusaha sebaik mungkin dalam rangka melayani pemberangkatan ibadah haji tanpa ada masalah, semoga tahun depan sudah bisa normal kembali, sehingga yang masih mengantri bisa segera diberangkatkan,” tandasnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Polres Temanggung, Kodim 0706/Temanggung, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Wakil Direktur RSUD Kabupaten Temanggung, Kabag Kesra Setda Kabupaten Temanggung, ketua KBIHU se-Kabupaten Temanggung, Ketua IPHI Kabupaten Temanggung, Kepala KUA se-Kabupaten Temanggung, serta para petugas kloter dan petugas daerah haji Tahun 2022.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang PHU Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Ahyani mengatakan seperti halnya jemaah haji yang berangkat haji tahun 2020 tidak bisa berangkat dikarenakan pandemi Covid-19, jamaah haji yang mendaftar 2011 baru bisa berangkat tahun 2022 setelah pandemi berakhir dan harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Pemerintah Arab Saudi seperti usia maksimal 65 tahun,” tuturnya. “Pemerintah dalam melayani dan membimbing ibadah haji pastinya melayani secara baik, kualitas pelayanan seperti kualitas makanan ditingkatkan dan jamaah haji dilarang memasak disana karena resiko kebakaran dihotel dan jarak hotel didekatkan agar kualitas jemaah haji ditingkatkan. Dan dimohon persyaratan vaksin dilaksanakan. Kalau ditotal semua biaya jemaah haji sekitar 81 juta dan di Indonesia berkisar 40 jutaan. Biaya haji dipergunakan sebagai leaving kost, penerbangan, konsumsi. Dan semoga calon Jemaah haji berangkat sehat selamat dan pulang sehat selamat menjadi haji mabrur,” jelasnya.(sr/rf)