Calon Pengantin Ikuti Bimbingan Menuju Keluarga Sakinah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang (Humas) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Magelang Utara langsungkan kegiatan bimbingan bagi calon pengantin secara mandiri di ruang Balai Nikah, Selasa (19/09/2023). Dengan tiga pemateri yang dihadirkan untuk berikan bekal calon pengantin, yakni dua pemateri dari Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS, serta satu narasumber penyuluh Keluarga Berencana (KB) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kota Magelang.

Materi pertama terkait rukun-rukun nikah, tanggung jawab tugas suami/istri, mandi wajib dan latihan ijab qobul disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam. Sedangkan penyuluh KB menyampaikan komponen-komponen penting keluarga dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarganya.

Selain menjalankan tugas dan fungsinya memberikan penyuluhan keagamaan melalui majlis taklim, Penyuluh Agama Islam baik PNS dan Non PNS juga jalani tugas lain yang diantaranya memberikan bimbingan bagi calon pengantin menuju keluarga sakinah. Ditemui usai berikan pembinaan, Djarot Trihastutik Penyuluh Agama Islam mengungkapkan keuntungan para calon pengantin mengikuti kegiatan ini.

“Bimbingan perkawinan dibutuhkan oleh setiap pasangan calon pengantin. Tujuan kegiatan ini yakni untuk membekali calon pengantin dalam mengelola kelangsungan kehidupan perkawinannya,” tutur Djarot.

Ia juga mengatakan jika angka perceraian kini semakin tinggi, ada sekitar 365 ribu pasangan yang bercerai setiap tahunnya. Salah satu penyebab perceraian tersebut antara lain karena konflik keluarga yang berkepanjangan.  (DT/Hr/Bel)