Sukses ANBK 2023, MTs Ma’arif Mandiraja Maksimalkan Kompetensi Peserta Didiknya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara (Humas) – MTs Ma’arif Mandiraja telah sukses mengikutkan 50 peserta didiknya yang duduk di kelas VIII untuk mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara online. ANBK itu merupakan program berbasis online atau semi online yang dilaksanakan Kemendikbud sebagai penilaian terhadap mutu setiap Sekolah/Madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah yang wajib diikuti oleh setiap lembaga pendidikan (21/9/2023).

Cahyono Kurniawan, selaku proktor Madrasah mengatakan, selama dua hari dari tanggal 18-19 September 2023 MTs Ma’arif Mandiraja melaksanakan ANBK dengan lancar, tertib, aman dan terkendali. Bisa dibilang ANBK tahun ini lebih lancar dan sedikit kendala dari pada tahun sebelumnya. Peserta yang mengikuti sangat antusias dari sesi pertama sampai sesi kedua di ruang laboratorium komputer dengan menggunakan dua ruang.  Untuk ruang 01 selama dua sesi sedangkan ruang 02 diadakan satu sesi dengan pengawas dari luar Madrasah yang terdekat.

“Alhamdulillah pada hari keduanya kami kehadiran pengawas Madrasah, Nurlaela Isnaeni yang berkenan ikut serta memantau berjalannya ANBK tersebut,” jelasnya.

Oka Didi Anggellio selaku peserta ANBK kelas VIII C mengatakan, Alhamdulillah saya bisa mengikuti ANBK dengan sangat senang karena pertanyaan-pertanyaan yang asyik jadi tidak ngantuk.

“Selain itu pertanyaan – pertanyaannya mencakup soal-soal Literasi dan Survei karakter serta  soal-soal Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar yang terdiri dari pipilhan ganda, pilihan ganda kompleks benar atau salah, pilihan ganda kompleks lebih dari satu jawaban benar, menjodohkan jawaban, isian singkat dan uraian,” ungkap Oka.

Sementara itu Aisyah Nurul Karomah selaku peserta ANBK juga mengatakan, Alhamdulillah saya sangat senang bisa mengikuti ANBK dengan lancar dan menjadi semakin semangat dalam mengikuti pembelajaran terutama dalam pembelajaran Matematika.

“Adanya ANBK menjadikan peserta didik yang tadinya ragu-ragu dalam mengoperasikan Komputer menjadi lebih pandai lagi,” pungkasnya. (jm/rk)