Cetak Insan Berdaya Saing Tinggi, MTs N 3 Banjarnegara Gelar Pendampingan Madrasah Berbasis Riset

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara-Perkembangan zaman yang begitu pesat memberikan wahana yang sangat luas untuk melakukan perubahan. Bahkan pada konteks ini perubahan merupakan hal yang mutlak dilakukan. Pilihan pada zaman ini hanya ada dua; tetap berpangku tangan untuk kemudian tergilas dan hancur atau terus melakukan pergerakan dengan melakukan berbagai inovasi-inovasi berkelanjutan.

Salah satu usaha MTs Negeri 3 Banjarnegara dalam melakukan pergerakan mewujudkan inovasi-inovasi berkelanjutan guna menghadapi perkembangan zaman ialah dengan Pendampingan Madrasah Berbasis Riset. Acara tersebut dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 27 Juni sampai 29 Juni, kegiatan tersebut di ikuti oleh 10 guru pendamping dan 20 siswa, pada pembukaan acara hadir pula pengawas MTs/MA Hj. Nurlaela Isnaeni. Senin (27/06).

Acara Pendampingan Madrasah Berbasis Riset ini sambut dengan antusias oleh semua civitas akademik MTs Negeri 3 Banjarnegara dengan adanya acara ini di harapkan MTs Negeri 3 Banjarnegara dapat mencetak generasi Bangsa yang lebih baik terutama dalam bidang Riset dan pengembangan teknologi.

Pengawas madrasah Hj. Nurlaela Isnaeni, mengucapkan selamat kepada MTs Negeri 3 Banjarnegara. “selamat kepada MTs Negeri 3 Banjarnegara dibawah kepemimpinan bapak Natir sudah menginisiasi suatu kegiatan pendampingan riset di madrasah. Harapan besar melalui kegiatan ini akan lahir peneliti-peneliti muda di madrasah,” ucapnya.

Natir, selaku kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara mengungkapkan harapannya. “Dengan adanya kegiatan pendampingan madrasah berbasis riset ini diharapkan para peserta mampu melakukan riset di berbagai bidang kajian. Anak-anak dilatih berpikir ilmiah dalam menyikapi fenomena yang ada di madrasah dan lingkungan sekitarnya.

M. Miftakhul Falah, sebagai narasumber memberikan penjelasan yang terperinci dan bertahap mengenai Madrasah Berbasis Riset. cara membangun mental dan pemahaman riset pada Siswa dan siswi pun turut di jelaskan oleh beliau. tak hanya itu saja, beliau juga menjelaskan tentang plagiarisme karya tulis dan pengecekan validasi serta lisensi kepemilikan karya tulis tersebut. sehingga menyadarkan kepada guru pembimbing untuk hati-hati dalam mengambil referensi dan tidak hanya copy dan paste.

“Dengan adanya Pendampingan Madrasah berbasis Riset ini semoga MTs Negeri 3 Banjarnegara menjadi Lebih baik dan mampu mencetak insan berdaya saing tinggi dan prestasi-prestasi yang mengharumkan bangsa Indonesia,” harapnya (ar/ak/rf)