Dalam Rangka HUT RI ke-77, DWP Kemenag Kabupaten Magelang Dukung Tes IVA dan Sadanis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Magelang melaksanakan Tes IVA dan Sadanis, Rabu, 10/08/2022. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yang merupakan program DWP Kementerian Agama RI bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kegiatan yang berskala nasional ini diawali dengan pembukaan yang diikuti secara daring melalui zoom meeting serempak seluruh DWP Kemenag. “Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Repubik Indonesia,” ungkap Khotimah Panut, ketua DWP KanKemenag Kabupaten Magelang ditemui sebelum mengikuti zoom meeting.

“Setelah mengikuti zoom meeting kita akan menuju ke puskesmas mertoyudan untuk melaksanakan kegiatan tes iva dan sadanis,” jelas Khotimah Panut. Tes IVA merupakan tes Inspeksi Visual Asam Asetat yaitu cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher Rahim sedini mungkin, sedangkan Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) yang terlatih guna mendeteksi kanker payudara.  

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Panut saat menghadiri acara pembukaan menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan tersebut. “Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menjaga kesehatan, mendeteksi jika ada kemungkinan terjadi kanker sehingga bisa sedini mungkin dilakukan tindakan,” papar Panut.

Sesuai tema Wanita Sehat Indonesia Kuat, diharapkan para anggota DWP dapat terdeteksi secara dini apabila menderita penyakit sehingga dapat dilakukan pola-pola pencegahan dan pengobatan secara dini.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Puskesmas, peserta secara bergantian mengikuti tes IVA dan Sadanis diruang yang berbeda. Dalam tes IVA, dilakukan screaning sebelum tindakan. Sedangkan dalam Sadanis, dilakukan edukasi dan pemaparan serta Tanya jawab sebelum praktek. Kegiatan Sadanis terlaksana dengan interaktif, peserta terlihat antusias dan aktif bertanya. Untuk mengapresiasi para anggota DWP yang mengikuti tes IVA dan Sadanis, DWP Kemenag Kabupaten Magelang memberikan souvenir bagi yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut.(FS/Sua)