Deklarasi Madrasah Aman dan Sehat, Kakanwil : Madrasah Harus Mengambil Peran Terdepan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad serta para Pejabat di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Pekalongan dan para Kepala Madrasah se Kabupaten Pekalongan bersama-sama mengucapkan Deklarasi Madrasah Aman dan Sehat bertempat di aula Islamic Center Kedungwuni pada Selasa pagi (20/2/2024).

Dalam arahanya, Kakanwil mengajak kepada seluruh Kepala Madrasah dan semua pihak terkait untuk bersama-sama menjaga putra-putri terbaik generasi emas yang akan menghantarkan cita-cita Indonesia Raya ini melalui suksesnya program madrasah aman dan sehat.

“Kemenag mempunyai dua tugas utama yaitu layanan urusan agama dan layanan pendidikan untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045. Madrasah harus mengambil peran terdepan karena calon pemimpin masa depan ada digenggaman para pendidik madrasah dalam menciptakan bonus demografi berupa anak-anak masa depan yang cerdas, sehat dan bermoral, “ pesannya.

Selain para Kepala Madrasah dari tingkat Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), tampak pejabat Penghulu, Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Pekalongan juga turut mengucapkan dan menandatangani papan deklarasi.

Isi deklarasi tersebut diantarannya; 1) Melaksanakan pembelajaran berbasis cinta, kasih sayang, asah dan asih tanpa kekerasan baik secara fisik maupun psikis.

2) Menciptakan lingkungan belajar rekreatif yang melindungi, memberi rasa aman, serta kenyamanan bagi seluruh peserta didik.

3) Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berakhlakul karimah, disiplin, berprestasi, dan berbudaya lingkungan yang sehat.

4) Memfasilitasi peserta didik untuk berkreasi, berekspresi, berkarya dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran baik intra maupun ekstrakurikuler.

5) Mengembangkan program madrasah aman dan sehat. (RK)