Dengan Bermimpi, Semangat Raih Juara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Roziqun bersama Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad), Khabibur Rokhman mengikuti acara Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang disiarkan secara daring melalui Zoom pada hari Jum’at (4/8/2023). Kakankemang dan Kasi Penmad mengikuti Zoom di Aula Kankemenag Kabupaten Pemalang.

Ahmad Faridi, Kepala Bidang Penmad Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melaporkan bahwa KSM tingkat provinsi akan berlangung selama dua hari pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 5-6 Agustus 2023.

Faridi mengatakan dalam KSM ini ada 11 cabang mata pelajaran (mapel) yang akan di kompetisikan. “Dari 11 cabang tersebut, meliputi MI dua cabang mapel, MTs tiga cabang, dan MA enam cabang yang dilombakan,” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Faridi menyampaikan permohonan maaf atas kendala teknis dalam pelaksanaan acara pembukaan KSM hari ini meskipun telah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kepala madrasah, para guru pendamping, pelatih, pembina, dan pembimbing yang telah mendampingi peserta kompetisi ini dengan baik.

Kakanwil memberikan arahan dalam setiap kegiatan harus memiliki target yang jelas. Menurut Musta’in dalam setiap kontingen harus mempersiapkan diri dengan baik dan matang sehingga mendukung penampilan yang baik. Selain itu juga mengingatkan pentingnya memegang teguh Trilogi Madrasah.

“Kepada para guru dan kepala madrasah, jangan lupa untuk memegang teguh Trilogi Madrasah Jawa Tengah, yaitu keislaman dan ke-Indonesia-an, keilmuan dan kemodernan, serta kemandirian dan keumatan,” tegasnya.

Kakanwil berharap agar acara KSM Tahun 2023 ini berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat. Serta para peserta dapat memberikan yang terbaik dan memperlihatkan prestasi gemilang dalam kompetisi ini.

Roziqun saat menyimak pembukaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah memberikan semangat kepada para peserta KSM agar bermimpi menjadi juara. “Dengan bermimpi, kita akan lebih bersemangat meraih juara. Harus optimis, berusaha semaksimal mungkin dan tentunya berdoa. Insya Allah kita bisa!,” kata Roziqun dengan semangatnya.

Khabibur Rokhman yang mendampingi Kakankemenag menyampaikan bahwa tahun 2023 ini Kabupaten Pemalang mengikutsertakan 55 peserta KSM dalam 11 Mapel, terdiri dari 10 siswa MI, 15 siswa MTs dan 30 siswa MA. “Yang terbanyak siswa MAN Pemalang, ada 5 siswa,” ujarnya.

Pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan di kabupaten/kota masing-masing dan untuk Kabupaten Pemalang dipusatkan di Aula Kankemenag Kabupaten Pemalang. (hbb/fi/rf)