081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

DWP Kemenag Kota Semarang Kembali Ikuti Seminar Cegah Kawin Anak

Kota Semarang (Humas) – Sekretaris II DWP Kemenag Kota Semarang, Nova Budi Aristin mengikuti seminar Cegah Kawin Anak secara daring melalui kanal youtube DWP Kemenag RI, Kamis (26/9/2024).

Seminar disiarkan langsung dari Hotel Aryaduta Medan dengan menghadirkan Woro Srihastuti Sulastyaningrum, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenpo PMK. Dewi Sri Sumanah Head of Media Save The Children Indonesia, dan Ahmad Qosbi Kakanwil Kemenag Prov. Sumut.

“Ibu Woro tadi memaparkan tentang kebijakan, program, dan strategi nasional pencegahan dan perkawinan anak. Yang mengejutkan, Beliau mengkungkap bahwa angka perkawinan anak di Indinesia tertinggi ke-4 di dunia,” terang Nova.

Dari 5 strategi nasional pencegahan perkawinan anak, ketahanan keluarga sangat penting untuk diintervensi. Disinilah peran DWP sebagai istri dan ibu dalam membangun nilai dan norma yang mencegah perkawinan anak.

Narasumber Dewi Sri Sumanah Head of Media Save The Children Indonesia mengungkapkan pernikahan usia dini di Karo pada masa pandemi Covid-19, meningkat hingga 500%. Dan yang tak kalah memilukan, perkawinan anak jadi pemicu utama anak perempuan putus sekolah, dampak lainnya adalah KDRT, dan meningkatkan depresi perempuan.

Pada bagian lain, Ahmad Qosbi menguak potret perkawinan anak di Sumut dan upaya kebijakan pencegaham kawin anak.

“Kemenag telah ambil peran dalam upaya pencegahan kawin anak diantaranya, program Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS), Bimbingan Remaja Usia Nikah (BRUN), Bimbingan Perkawinan (Bimwin), pusat layanan keluarga sakinah, penyuluhan, dan Gerakan Keluarga Sakinah bersama PBNU,” urainya.

Seminar ini diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi dan Dit. Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, menjadi upaya pencegahan perkawinan anak, serta membuka wawasan masyarakat akan dampak buruk dari perkawinan anak. (Nba/bel)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content