Embarkasi Solo Siap Berangkatkan 15.203 Calon Jemaah Haji Jateng dan DIY

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Asrama Haji Donohudan (AHD), Boyolali bersiap menerima calon jemaah haji (CHJ) embarkasi Solo. CHJ akan masuk mulai 3 Juni 2022 dan berangkat ke Tanah Suci pada 4 Juni 2022. Persiapan asrama terlihat dari sejumlah bangunan yang sedang melakukan pengecetan ulang. Selain itu, persiapan yang dilakukan juga meliputi kamar dan sarana pendukung AHD, termasuk sumber daya manusia (SDM). Seluruh kamar dan gedung yang akan dipakai sudah mulai dibersihkan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Unit Pengelola Asrama Donohudan, Bambang Sumanto.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah IMG_20220519_205138_532-1024x1024.webp

Stafsus Menteri Agama (Menag), Wibowo Prasetya menghimbau agar persiapan dilakukan secara maksimal. 

“Pastikan kesiapan kesehatan seluruh calon jemaah haji dan kesterilisasian tempat yang akan digunakan agar para jemaah aman, nyaman dan tidak menimbulkan cluster baru,” tegasnya saat pemantauan embarkasi Solo didampingi oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Ahyani, Kakankemenag Kab. Boyolali, Hanif Hanani, serta Kakankemenag Kota Surakarta, Hidayat Maskur di Asrama Haji Donohudan, Boyolali pada Kamis (19/5). 

Kuota Haji 2022 Embarkasi Solo

Pemerintah Arab Saudi telah memberikan kuota haji kepada Indonesia sebanyak 100.051 CHJ dan akan diberangkatkan melalui 9 embarkasi yaitu Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok.

Sejumlah 15.203 (CHJ) asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan masuk asrama terlebih dahulu sebelum diberangkatkan melalui embarkasi Solo. Tahun ini, Gedung Makkah yang terdiri dari 3 lantai telah disiapkan untuk menampung CHJ dengan jumlah 43 kelompok terbang (kloter), setiap kloter ada 360 CHJ. 

Kakanwil berharap agar pemberangkatan haji ini berjalan dengan lancar dan aman. 

“Kita bersama-sama mendoakan agar pemberangkatan haji tahun ini berjalan dengan lancar, aman, sehat dan semoga jadi haji mabrur,” imbuhnya. (d/rf)