Filedtrip Gebyar Muharram 1445 H LPQ At Taubah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Tahun baru Hijriyah merupakan tahun barunya umat Islam, sehingga wajar jika beberapa instansi, organisasi, lembaga sosial, dan lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, melaksanakan kegiatan-kegiatan khusus guna memperingatinya. Demikian halnya dengan LPQ At Taubah, yang merupakan lembaga Pendidikan dibawah naungan Yayasan At Taubah Gajahmungkur yang berlokasi di Jalan, Tampomas Utara III Kelurahan Petompon, Kecamatan Gajahmungkur.

Rabu (19 Juli 2023), sekitar pukul 07.30 WIB, santri PAUD TPQ, TPQ, dan TQA At Taubah terlihat berbarkis rapi di markasnya, mendengarkan nasihat Kepala LPQ At Taubah, sebelum melaksanakan fieldtrip.

Pada bagian lain, H. Agus Haryadi selaku pengurus LPQ mengatakan, kegiatan fieldtrip merupakan rutinitas untuk tadabbur alam (rikhlah), yang biasanya dilaksanakan setiap bulan pada pekan terakhir. “Fieldtrip merupakan kegiatan rutin  yang dilaksanakan setiap akhir bulan, namun biasanya hanya keliling kampung saja. Kali ini, di awal tahun 1445 H agak berbeda, tujuan filedtrip yaitu obyek wisata River Walk yang berada di Boja. Oleh karenanya, para santri dikami beri wejangan-wejangan terlebih dahulu,” terangnya.

Filedtrip kali ini diikuti oleh 80 peserta, yang diberangkatkan dengan menggunakan 4 armada bus mini.

Tepat pukul 09.00 WIB, rombongan sampai di lokasi. Dan pada 13.30 seluruh rangkaian kegiatan fieldtrip selesai. Seluruh ustadz-ustadzah pengajar dan Santri PPL dari Pondok Al Hikmah Brebes, beserta orang tua wali santri yang turut mendampingi pun bergegas untuk mempersiapkan dan membimbing para santri untuk menuju bus masing-masing, untuk kembali pulang ke titik awal pemberangkata. Semua peserta Nampak berbahagia mengikuti kegiatan itu.

Rasa syukur pun diungkapkan oleh pengasuh LPQ At Taubah, karena semua peserta sehat dan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, dari pagi hingga siang hari.

Ustadazh Nurul Hidayah sebagai Koordinator Lapangan menyampaikan, rombongan dibagi menjadi 2 kelompok besar dengan 2 guide. “Untuk menelusuri obyek wisata di River Walk, dari memberi makan burung, ikan, dan merpati, serta foto bersama, naik kapal Nabi Nuh, bermain bersama kucing dan kelinci, hingga acara berenang ria, satri-santri kami bagi dalam dua kelompak, dam masing-masing ada guidenya,” terangnya.

Ia menambahkan,  kegiatan semacam ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkala serta bertahap, dengan tujuan fieldtrip yaitu obyek wisata lokal di sekitar kampus LPQ At Taubau, yang tidak harus berbiaya besar.(A.Haryadi/NBA/bd)