Gambarkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kolaborasi Drama Musikal Dan Tari Bopang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo atau yang biasa dikenal dengan sebutan Mimau, memberikan ruang bagi peserta didiknya agar bisa menampilkan bakat, minat dan ketrampilannya. Melalui ajang gelar Mimau multitalenta yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari lahir (harlah) Mimau ke XI, kelas VI mempersembahkan drama musikal dan tari Bopang. Gelar Mimau multitalenta ini merupakan salah satu serangkaian peringatan harlah Mimau ke XI tahun 2023 ini.

Berbeda sedikit dengan tahun lalu,  gelar Mimau multitalenta ini diperlombakan dan  dinilai oleh juri serta disediakan piala untuk kelas yang memberikan tampilan terbaiknya. Panitia kegiatan ini tidak memberikan ketentuan tampilan yang akan dipersembahkan peserta didik dan walimurid, peserta didik diberikan kebebasan dalam memilih jenis penampilan yang akan di persembahkan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis lalu (26/1). Dan dinilai oleh dewan juri yang sengaja didatangkan dari luar yang merupakan ketua IGRA, IGTK dan Himpaudi Kabupaten Banjarnegara agar penilaian dapat dipertanggungjawabkan dan adil di berbagai pihak.

Pada pelaksanaannya Kelas VI mempersembahkan drama musikal yang dikolaborasikan dengan tari Bopang. Drama musikal ditampilkan terlebih dahulu yang diperagakan oleh siswa kelas VI dengan tema pelajar Pancasila. Drama ini diperankan oleh 19 siswa, dan drama ini menggambarkan bahwa di dalam kelas tidak boleh berbuat semena-mena, siswa harus bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan kesepakatan yang dibuat ketika dikelas. Setelah penampilan drama dilanjutkan penampilan tari Bopang.

Tari Bopang sendiri adalah tarian yang berasal dari malang, tari ini diperagakan oleh Zaki dan Syifa dengan penuh percaya diri dan gagah. Dengan gemulai dan penuh percaya diri Zaki dan Syifa berlenggak lenggok bak penari profesional yang sedang mengapresiasikan tariannya dipanggung pertunjukan. Tanpa malu-malu mereka berdua menunjukan kepiawaiannya sesuai dengan gerakan-gerakan yang diajarkan pelatih.

Dengan penuh kesungguhan dan percaya diri, penampilan kelas VI akhirnya dapat memikat hati dewan juri sehingga mendapatkan juara III dalam kategori kelas atas. Ucapan terima kasih dari Nurul Khikmah pun selaku wali kelas disampaikan kepada anak-anak juga kepada wali murid kelas VI tersebut seusai acara.

“Terima kasih kami ucapkan atas kerja samanya, kekompakannya, kerja kerasnya dan semuanya. Saya sebagai wali kelas hanya bisa mendukung dan mendoakan, mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat, menambah pengalaman, dan ilmu tentunya, semangat selalu!!!,” seru Nurul panggilan akrabnya.

Selain itu juga Nurul menyampaikan ucapan terima kasihnya pada Mety wali murid dari ananda Hasna salah satu peserta kelas VI yang merupakan pelatih penampilan kelas VI tersebut. Mety pun segera memberikan tanggapannya kepada Nurul beserta anak-anak juga pada wali murid lainnya yang ikut menyaksikan penampilan kelas VI.

“Anak-anak yang hebat tentunya berkat dukungan dari bapak ibu semua, didikan dari guru sudah pasti dapat mencetak anak yang luar biasa. Saya hanya sedikit membantu semoga apa yang sudah dipersembahkan tidak mengecewakan, dan kedepannya semoga dapat lebih baik lagi dengan ilmu-ilmu yang sudah dikembangkan tentunya,” ucap Mety. (nk/nf/rf)