Gelar Karya Penghujung TP 2022/2023 SMP PGRI 1 Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – SMP PGRI 1 Kota Semarang menggelar kegiatan bertajuk Gelar Karya pada penghujung tahun ajaran 2022/2023, Jumat (26 Mei 2023).

Gelar Karya merupakan ajang pameran hasil karya peserta didik selama proses pembelajaran.

Dalam Gelar Karya, peserta didik diberikan ruang dan waktu untuk menampilkan ide maupun inovasi yang telah dikembangkan sesuai kelompoknya.

Kepala Sekolah SMP PGRI 1 Kota Semarang, Wiwik Widayati menjelaskan, even tersebut dirancang untuk menguatkan kompetensi peserta didik. Sekaligus pula untuk menguatkan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar pancasila.

“Kegiatan ini berbasis proyek yang kami rancang untuk pencapaian kompetensi dan karakter siswa, berdasarkan standar kompetensi lulusan,” kata Wiwik di sekolah yang beralamat di Jl Medoho I No 91 Gayamsari, Kota Semarang.

Menurutnya, proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Upaya tersebut untuk mewujudkan pelajar pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yakni beriman dan bertakwa, berkebhinekaan, gotong royong, mandiri, kritis, serta kreatif.

Adapun yang ditampilkan dalam Gelar Karya tersebut yakni pertunjukkan berbasis kreasi dan seni. Beberapa diantaranya peragaan busana, tarian tradisional, kesenian rebana hingga ragam ekstrakurikuler.

“Kami juga menampilkan produk makanan, yang sudah diuji coba saat bulan puasa. Siswa mempraktikan langsung agar produk bisa diterima masyarakat melalui sosial media marketing,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah (YPLP DM) PGRI JT Cabang Kota Semarang Mukhlis dan anggota Komisi D DPRD Kota Semarang Dyah Ratna Harimurti, serta Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang Mohamad Faojin.

Pada kesempatan itu, Mohamad Faojin bertindak selaku juri hasil karya anak-anak, ia sangat mengapresiasi kegiatan P5 di SMP PGRI 01 semarang.

Wiwik pun berharap, kegiatan tersebut bisa berlanjut dan turut berperan mencetak generasi tangguh. Hal ini sebagaimana jargon sekolah, mendidik generasi penerus yang terdidik dan berakhlak.

SMP PGRI 01 semarang juga mengadakan sholat dhuhur berjamaah, sholat Dhuha dan tadarus Alquran untuk melatih anak-anak disiplin dalam beribadah.(Faojin/NBA/bd)