Gelar Pembekalan PKL, Ini Pesan Kepala MAN 2 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – PKL atau Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa MA jurusan keterampilan yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang digelutinya. Madrasah akan mengupayakan terlaksananya program PKL MAN 2 Banjarnegara ini demi meningkatkan keterampilan siswa di bidangnya.

“Dalam program ini, para siswa diberikan bekal ilmu pengetahuan dasar supaya meminimalisir kendala saat penerapan bekerja. Program ini dilaksanakan agar siswa lebih siap untuk bekerja di lapangan dan juga dapat mempraktikkan teori yang sudah dipelajari di sekolah. Dengan begitu, ketika lulus nanti, siswa dapat beradaptasi lebih cepat dengan dunia kerja,” ucap Ridlo Pramono, Kepala MAN 2 Banjarnegara 

PKL ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan mutu siswa MA jurusan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan bidangnya dan memasuki dunia kerja yang persaingannya cukup ketat. Sekolah mewajibkan program prakerin bagi para siswa dalam jangka waktu tertentu.

MAN 2 Banjarnegara sebagai MA plus keterampilan satu-satunya yang ada di Kabupaten Banjarnegara melaksanakan PKL bagi kelas XI yang dilaksanakan dari tanggal 20 Juni s.d 20 Juli 2022 untuk jurusan Keterampilan Operator Komputer, dan tanggal 20 Juni s.d 03 Agustus 2022 untuk jurusan Keterampilan Tata Busana.

“Agar pelaksanaan PKL dapat diselenggarakan dengan baik maka diperlukan adanya pembekalan untuk siswa,” imbuhnya

Untuk mempersiapkan para siswa memasuki praktik kerja lapangan, MAN 2 Banjarnegara mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pelepasan Praktik Kerja Lapangan pada Kamis (16/06) di ruang serbaguna. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan mengenai informasi dunia usaha dan industri, waktu pelaksanaan dan aturan-aturan mengenai pelaksanaan PKL.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala MAN 2 Banjarnegara Ridlo Pramono,

“Saya mengharapkan para siswa siap dalam melaksanakan kegiatan ini dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena para siswa akan memasuki layaknya dunia kerja yang penuh dengan tekanan dan target industry,” ucapnya

Lebih lanjut, Ridlo mengharapkan agar siswa selalu menjaga nama baik, baik diri sendiri maupun madrasah. Selain itu juga berpesan kepada seluruh orang tua siswa agar selalu koordinasi dengan madrasah mengenai perkembangan anak-anak selama PKL karena tiap siswa PKL sudah ada pembimbing baik dari madrasah maupun dari tempat PKL.

Diakhir acara disampaikan teknis pengisian Jurnal Prakerin oleh Koordinator PKL dari masing-masing Kompetensi Keahlian diantaranya Sugiyanto selaku Koordinator Kelas Keterampilan Operator Komputer dan Rokhimah selaku Koordinator Kelas Keterampilan Tat Busana. (usw/ak/rf).