Gerak Cepat, Kemenag Kab. Semarang Segera Realisasikan Program Bersama GKM NU

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran (Humas) – Menindaklanjuti program Kementerian Agama RI dan Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKM NU) dalam upaya memperkuat ketahanan keluarga dan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, Plt.Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang Zulkifli didampingi Kasi Bimas Islam Muhtadi adakan koordinasi dengan Ketua Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama Kabupaten Semarang, KH.Mohammad Hanif di Komplek Pondok Pesantren Edi Mancoro Tuntang, Senin, (9/10/2023).

Beberapa program kerjasama Kemenag dan GKM NU meliputi Bimbingan Pengantin, Bimbingan Keluarga dan Berkah Keuangan Keluarga, dimana program ini berhubungan erat dengan program pembinaan keluarga sakinah yang selama ini menjadi salah satu program unggulan di Kementerian Agama.

“Sebetulnya ini adalah tambahan kegiatan di satker Bimas jelang akhir tahun ini. Makanya kami berupaya secepat mungkin agar program bisa segera berjalan, apalagi jenis kegiatannya hampir sama dengan pembinaan keluarga sakinah yang selama ini sudah berjalan,” kata Zulkifli.

Dijelaskannya, Bimbingan Pengantin bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesiapan calon pengantin dalam memasuki kehidupan berkeluarga di Kabupaten Semarang. Sedangkan untuk kegiatan Berkah Keuangan keluarga, tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan oleh anggota keluarga agar terwujud ketahanan keluarga. Apalagi, faktor ekonomi disinyalir menjadi faktor utama terjadinya konflik dalam keluarga. Adapun untuk kegiatan Bimbingan Keluarga, diharapkan agar keluarga sebagai kelompok terkecil dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara dapat semakin kuat dan berkualitas dalam menghadapi tantangan kehidupan yang semakin berat serta mampu mencetak generasi yang berkualitas dan tangguh.

Selanjutnya beberapa hal yang menjadi kesepakatan bersama antara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang dengan GKM NU Kabupaten Semarang dalam pertemuan tersebut dintaranya:
1. Pelaksanaan program akan dimulai pada bulan Oktober hingga pertengahan Desember 2023;
2. Kegiatan akan dilaksanakan di beberapa kecamatan di Kabupaten Semarang meliputi: Bimbingan Pengantin di Kecamatan Ungaran Barat, Berkah Keuangan Keluarga di Kecamatan Suruh, Jambu dan Susukan, Sementara Kegiatan Bimbingan Keluarga akan dilaksanakan di 10 Kecamatan lainnya.

“Semoga program-program yang sudah kami jadwalkan ini bisa terlaksana sesuai jadwal sehingga tidak ada penumpukan kegiatan di akhir tahun nantinya,” imbuh Zulkifli.(shl/Sua)