GOR Satria , Saksi Bisu Ribuan Santri Ikuti Upacara HSN 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto : Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Purwokerto , MAN 1 Banyumas , ASN Kemenag Kabupaten Banyumas, Polri, TNI, Satpol PP , Dishub, Kokam,Banser, UIN Saizu Purwokerto , Ormas Keagamaan mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 yang dipusatkan di GOR Satria Purwokerto, Sabtu (22/10).

Upacara Hari Santri Nasioanal yang bertema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan , dipimpin oleh  Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono bertindak selaku Inspektur Upacara , dan dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Banyumas, Ketua DPRD Banyumas , Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas , Ketua MUI Banyumas, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Banyumas, Pimpinan Pondok Pesantren , Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas, Tokoh Masyarakat , Kepala Madrasah negeri, dan tamu undangan lainnya.

Sadewo saat membacakan sambutan Menteri Agama RI menyampaikan bahwa tidak ada satupun agama yang menyuruh pemeluknya untuk melakukan tindakan yang merusak hak.

“ Hari santri adalah milik kita semua , milik semua komponen bangsa yang menjunjung tinggi nilai nilai kebangsaan. Maka dari itu saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut serta merayakan hari santri. Merayakan hari santri dengan napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.” Terangnya.

Lebih lanjut Sadewo mengajak kepada semua yang hadir agar   mendoakan para pahlawan dari kalangan ulama , kyai dan santri yang telah sahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan negara.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim menyampaikan bahwa uacara Hari Santri ini sangat istimewa , cukup banyak yang mengikuti upacara HSN ini dari santri, siswa, tokoh masyarakat ,Forkompinda, ASN dan ormas.

“ Untuk tema HSN tahun  2022 adalah Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan , dimana santri menjadi garda terdepan , bagaimana memanusiakan manusia , jadi kita saling menghargai bagaimana manusia  santri khususnya menjadi budaya, dijaga martabatnya, bagaimana egalitarian di Indonesia ini dijaga karena kita tahu bahwa di Indonesia ini adalah negara yang Bhineka Tunggal Ika yang plural.”

Lebih lanjut Aziz menjelaskan bagaimana kedepan kita untuk menjadi kader kader moderasi bergama seperti yang dicanangkan oleh Kementerian Agama , Intinya adalah bagaimana merawat Indonesia dan merawat Kebhinekaan.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Kakan Kemenag Kabupaten Banyumas , Bangkit guru pendamping dari MAN 1 Banyumas menjelaskan bahwa MAN 1 Banyumas mendukung penuh dengan pelaksanaan upacara peringatan HSN tahun 2022 ini.

“ Alhamdulillah pelaksanaan upacara peringatan HSN ini berjalan dengan lancar dan didukung dengan cuacanya yang cerah , kami dari MAN 1 mengirimkan 13 kelas untuk mengikuti upacara dengan total keseluruhan sekitar 450 siswa. Semoga para santri dan khususnya siswa dari MAN 1 Banyumas dapat memaknai HSN ini.” Jelasnya.(yud/bd)