Memaknai Resolusi Jihad

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,– Sabtu (22/10/22)- MTs Salafiyah NU Karanganyar turut memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) dengan berbagai kegiatan.

Mengawali rangkaian peringatan HSN tahun ini yaitu pelaksanaan Upacara bendera pada tanggal 22 Oktober 2022 Upacara yang digelar di halaman madrasah berlangsung dengan khidmat. Berbeda dengan upacara bendera biasanya, kali ini ini diiringi dengan drumband. Iringan musik drumband membuat para siswa tampak lebih khidmat dan antusias dalam mengikuti upacara bendera.
Kepala Madrasah, Bapak M. Fatkhurrohim, yang bertindak selaku Pembina upacara, menyanpaikan bahwa sebagai siswa harus mampu meneladani semangat perjuangan para ulama dalam resolusi jihadnya. Pelajar harus mampu memaknai resolusi jihad dengan menjadi pelajar yang baik.
Sebagai pelajar harus mampu meneruskan perjuangan para ulama dengan menjadi pelajar yang bersemangat dalam belajar, berprestasi dan berakhlak karimah. Sehingga mampu menjadi penerus perjuangan dan cita-cita para ulama”, lanjutnya.

Untuk menamkan nasionalisme dan kecintaan terhadap para ulama, dalam upacara juga dibacakan ikrar santri sebagai bentuk janji setia dan kecintaan terhadap para ulama dan NKRI.

Setelah upacara bendera selesai, para siswa melaksanakan kirab Santri. Dengan kostum ciri khas santri yaitu memakai sarung para siswa berjalan kaki mengelilingi desa Karanganyar.

Bapak Muhammad fatkhurokhim selaku Kepala Madrasah mengatakan “ Selain semangat nasionalisme, kegiatan kirab yang diiringi drumband dan ini juga untuk power show atau unjuk kekuatan kepada masyarakat mengenai eksistensi madrasah dengan kuantitas murid yang banyak”, tambahnya.

Di samping upacara dan Kirab, peringatan HSN tahun 2022 ini akan diisi kegiatan pengajian yg sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara ini akan digelar hari Senin, 24 Oktober 2022 dengan dimeriahkan oleh Grup Rebana “Asyiqol Mustofa”. Panitia penyelenggara berharap dengan hadirnya grup sholawat yang digandrungi para siswa ini akan menambah kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW. (M.Fath/MTb/bd)