Guru MIMAU Raih Juara III PORCAM Kecamatan Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara-Momen Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 banyak diisi dengan lomba-lomba yang menarik. Dalam mengisi kegiatan HUT RI, beragam lomba akan banyak diadakan di instansi, kampung, maupun perusahaan. Kegiatan tersebut nampaknya telah menjadi tradisi yang digelar pada setiap tahunnya untuk menyambut peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satunya kegiatan perlombaan yang diadakan oleh pemerintah kecamatan Banjarnegara dalam kegiatan Pekan Olahraga Kecamatan Banjarnegara (PORCAM) tahun 2022.

Sebanyak 15 lomba yang diadakan PORCAM Banjarnegara, yaitu dari sejumlah lomba untuk kalangan mulai anak-anak hingga dewasa. Tak jarang yang akan ikut serta dalam perlombaan yang diselenggarakan. Salah satunya yaitu lomba karaoke lagu kenangan (lagu pop lama/dangdut klasik). Diikuti 52 peserta yang terdiri dari 2 kategori yaitu kategori UPT/Instansi (25 peserta) dan Umum (27 peserta). Nuri Fatimah guru kelas IIIB dari MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (MIMAU) salah satu peserta yang mewakili Instansi Kementerian Agama (Kemenag) Banjarnegara.

Lomba karaoke lagu kenangan tersebut dilaksanakan di pendopo kantor kecamatan Banjarnegara pada Senin lalu (8/8). Acara tersebut dimulai pukul 09.00 wib hingga 16.00 wib dengan dibuka oleh Camat Banjarnegara. Dalam pembukaan acara disampaikan oleh Camat Banjarnegara kepada peserta, salah satu tujuan dari lomba karaoke lagu kenangan.

“Lomba karaoke ini tujuannya untuk memeriahkan HUT RI ke 77 jadi kalah menang jangan dijadikan masalah, yang menang Alhamdulillah yang kalah jangan kecewa, yang penting ikut meramaikan dan mensukseskan acara agar berjalan lancar,” ujar camat Banjarnegara.

Dari 25 peserta kategori UPT/Instansi, Nuri mendapatkan nomor undi 10. Dengan membawakan lagu Tersisih yang dipopulerkan oleh Rita Sugiato. Terlihat semua peserta pun menyanyikan lagu dengan vocal yang bagus – bagus. Para penonton juga sangat riuh ramai menikmati tembang kenangan seolah kembali masa lampau.

Satu persatu peserta tampil, dan tiba saatnya Dewan juri mengumumkan kejuaraan lomba, ketiga dewan juri menyampaikan kepada penonton dan juga peserta lomba tentang beberapa kriteria penilaian yang telah dilakukan.

“Sebelum pengumuman kejuaraan, akan kami sampaikan kriteria penilaian lomba diantaranya Pemilihan lagu, Penguasaan lagu/lirik, performance, ketepatan nada, kemampuan olah vocal, penampilan, ketepatan waktu dan improvisasi” ujar salah satu dewan juri lomba karaoke lagu kenangan porcam Banjarnegara.

Pada saat pengumuman, bersyukur sekali Nuri mendapatkan juara III pada lomba lagu tembang kenangan tersebut. Dan pada saatnya malam tirakatan untuk tampil bersama para juara yang lain. (nf/wk/rf)