Harlah MIN Kota Semarang Ke – 24 : Launching Media Sosial ( Youtube, IG, Website, Facebook dan Tik tok )

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Rabu (17/3) Di masa pandemi MIN Kota Semarang mengadakan kegiatan peringatan Hari lahir ( Harlah ) ke-24,. Kegiatan tersebut dilaksanakan tidak seperti tahun sebelumya yang penuh dengan kemeriahan tampilan siswa/i dan berbagai lomba yang melibatkan ratusan siswa-siswi RA/TK sekitar Gunungpati dan Kabupaten Semarang. Kegiatan dilakukan secara terbatas melalui virtual google meet yang diikuti 100 peserta, adapun peserta lainnya bisa mengikuti melalui streaming youtube channel MI Negeri Kota Semarang, dan Live IG@MIN Kota semarang.

Salah satu orang tua dari murid Kelas 2C bernama Adninta Hilmi Kaffata yang kebetulan berprofesi sebagai Dosen Unnes mengatakan, ”acaranya terasa khidmad sekali dan saya sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas  keterlibatan anak-anak MIN untuk turut serta dalam acara khotmil Qur'an”. ucap Adninta Hilmi Kaffata

“Kalau bisa agar lebih banyak lagi anak-anak yang dilibatkan dalam acara ini, sehingga anak-anak lebih semangat dan antusias untuk ikut serta meramaikan acara ini, walau secara virtual”,ucap orang tua murid Kelas 2C bernama Adninta Hilmi Kaffata.

Pendapat lain dari orangtua Maulana Akhdan nur Azizan Kelas 1b mengatakan, kita dapat mengikutinya dari rumah dengan lancar. Adapun  orangtua Nandika Maulana putra Kelas 4c menyampaikan,”acara Harlah MIN ke 24 menjadi terasa sepi tanpa kehadiran anak-anak murid sebagai pengisi acaranya”.

Tema pada Hari lahir  MIN kota Semarang ke-24 adalah mengambil dari nasehat Saidina Ali bin abi thalib radhiallahu ‘anhu Yaitu ”Didiklah anakmu sesuai zamannya,karena mereka hidup bukan di zamanmu”.

Ketua Panitia Harlah, Fithriyah Widihastuti mengatakan,”Sejalan Tema Hari ini LOUNCHING sosial media, sebagai media belajar menyenangkan lebih dekat dengan Siswa zaman sekarang”. Dan tentunya sebagai agent perubahan memberikan arahan sesuai etika ketimuran Dan akhlakulkarimah dalam bermedia sosial. Mengingat tepat 1 tahun hari ini 17 Maret 2021 masa Pembelajaran Jarak Jauh yang mengharus kan anak-anak untuk mengunakan Media sosial sebagai sarana belajar Daring.

KaKan Kemenag Kota Semarang H. Muhdi dalam sambutannya mengatakan,”semboyan kita  Madrasah Hebat bermartabat dapat di tingkatkan menjadi madrasah Go Internasional”. Beliau mendukung MIN kota Semarang sebagai madrasah berkeunggulan Literasi ( Literasi membaca dan menulis kelas 1&2, Literasi Numerasi kelas 3, Literasi Sains Kelas 4, dan Literasi Digital kelas 5&6). Sehingga launching Sosial media ini sangat tepat untuk mengembangkan literasi Digital anak-anak.  Pesan Beliau, Media sosial tersebut memberikan Konten yang mendidik dan berAkhlakul karimah.

Pelaksanaan kegiatan ini, di mulai dengan khotmil Qur'an 30 juz, yang di baca oleh seluruh guru karyawan MIN Kota Semarang, komite Madrasah, pembimbing qiroati juz 1-28 dari tanggal 2 Maret – 15 Maret 2021. Kemudian secara secara virtual google meet, streaming youtube channel min kota Semarang, dan Live IG@MIN Kota Semarang pada Hari Rabu,17 Maret 2021 Jam 08.00-90.30 semaan juz 29 yang di pimpin oleh Bapak KH Baedhowi, S.Pd.I dilanjutkan  Siswa MIN Kota Semrang dari kelas 1-6 berjumlah 34 siswa melengkapi kegiatan 30 Khotmil Quran dengan menghafalkan 30 juz.

Kepala MIN Kota Semarang Nadzib menyampaikan,”Launching sosial media ini sebagai usaha dan langkah yang baik MIN Kota Semarang untuk di kenal secara umum dan meluas, karena semaju apapun, jika tidak di ketahui khalayak umum seperti katak dalam tempurung”. ucapnya

Ketua Komite KH. Rohani Amin memberikan nasehat kepada guru MIN Kota semarang untuk senantiasa berbenah diri, evaluasi diri untuk terus sabar dalam mendidik siswa sesuai zamannya. Dalam 10 tahun kedepan akan tercetak generasi yang paham tentang digital dan IT serta melakukan segala sesuatu bukan dengan okol akan tetapi dengan akal. Maksudnya generasi yang menggunakan akalnya, generasi gemilang yang siap menghadapi zamannya. Pendapat orangtua dari Aira Nur Mutia Ningsih Kelas 5A, tentang launching media sosial. Sangat bagus dikarenakan perkembangan jaman yang serba modern sangat canggih,apabila sekolahan dapat membuat sebuah pengembangan belajar lewat medsos agar siswa blh tertarik dan bersemangat dalam belajar,sesuai perkembangan zaman.

Begitu pula pendapat dari orangtua dari Adninta Hilmi Kaffata Kelas 2C ( beliau dalah Dosen Unnes) tentang media sosial mengatakan, Sangat setuju  karena hal tersebut dapat menjadi sarana komunikasi dan informasi antara sekolah,  siswa, orang tua/ wali siswa serta masyarakat luas. Memudahkan siswa dan orangtua/wali siswa dalam mendapatkan informasi dari sekolah dalam proses pembelajaran. Selain itu juga mendorong semangat siswa untuk  bisa meraih prestasi.

Di sesi akhir acara Kasi Dikmad KanKemenag Kota Semarang H. Moch Fatkhuronji  mengesahkan dengan menandatangani Modul Literasi Kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang telah disusun oleh para guru terbaik MIN Kota Semarang. (fw/HumasDM/bd)