Ibadah Kurban dan Haji Mengajarkan Pentingnya Hablum Minallah, dan Hablum Minannas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – “Ibadah Kurban dan Haji Mengajarkan Pentingnya Hablum Minallah, Dan Hablum Minannas,” demikian kutipan Khutbah Idul Adha yang disampaikan Kakanwil Kemenag Jateng, H. Musta’in Ahmad pada Shalat Idul Adha 1444 H/ 2023 M di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Kamis, 29 Juni 2023.

Dengan Imam, K.H. Ulil Abshor Alhafidz yang merupakan Imam Besar Masjid Agung Jateng, Khatib, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, H. Musta’in Ahmad, dan Bilal, Ust. Muhammad Yusuf.

Usai Sholat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan penyerahan hewan kurban dan laporan ketua panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman, H. Multazam Ahmad, serta sambutan ketua umum YPKPI MRB, KH. Ahmad Daroji. Tampak hadir, Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Jateng, H. Imam Buchori dan Ketua Tim Kemitraan Umat, Publikasi Dakwah dan hari Besar Islam Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf, H. Lasianto di Auditorium Masjid Raya Baiturrahman.

Disampaikan oleh Multazam Ahmad bahwa mekanisme pembagiannya nanti di koordinir oleh panitia kurban di Masjid Raya Baiturrahman.

“Nanti pembagiannya disini (Masjid Raya Baiturrahman) secara kolektif tentunya, dari Lembaga seperti Yayasan yatim piatu bisa langsung di drop nantinya. Kemudian untuk masyarakat sekitar, pembagiannya bisa menggunakan kupon, supaya tertib,” jelas Ketua Panitia.

Data yang disampaikan panitia, bahwasanya Masjid Raya Baiturrahman pada Tahun 1444 H/ 2023 M ini menerima penyerahan kurban baik yang berwujud hewan maupun yang berupa titipan uang. Sebanyak 13 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 23 ekor kambing, yang nantinya daging kurban ini akan dikemas menjadi 1500 kantong, dengan sasaran pembagian pada fakir miskin, anak yatim piatu, sabilillah, tukang becak dan PKL sekitar masjid, shahibul qurban, amil dan Lembaga Pemasyarakatan jika memungkinkan.

“Saya meraasa senang, selaku takmir Masjid Raya Baiturrahman, kami masih di percaya masyarakat untuk berkurban di Masjid Raya Baiturrahman ini. Dan saya doakan mudah-mudahan yang berkurban diberi rejeki yang luar biasa, sehingga tahun mendatang bisa berkurban kembali. Diharapkan dengan pembagian kurban tahun ini, masyarakat bisa tenang, tentram dan tanpa gangguan apapun,” ucapnya.(Sua/Rf)