IGRA Kabupaten Temanggung Selenggarakan Workshop Pembelajaran Aktif Kreatif Menyenangkan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Pengurus Ikatan Guru Raudhatul Athfal  (IGRA) Kabupaten Temanggung, menggelar kegiatan Workshop Pembelajaran Aktif Kreatif Menyenangkan (Pakem) bagi RA/TA/BA melalui Seni Gerak dan Lagu Tematik Motoric Steam dan Loose Part, kerja sama dengan Ceria Bocah Indonesia bertempat di Bassemen Masjid Baitul Muttaqin Sepikul Mojotengah Kedu, Selasa (28/02).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kankemenag Kab Temanggung yang diwakili  Kasi Pendidikan Madrasah, Ahmad Sugijarto. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas semangat dan kekompakan guru RA/BA yang tergabung dalam IGRA Kabupaten Temanggung.

Menurutnya Guru RA/BA mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter anak. Karena guru merupakan sosok yang membantu meletakkan pendidikan dasar bagi  tumbuh dan perkembangan sikap, perilaku, pengetahuan dan ketrampilan,serta daya cipta yang dibutuhkan seorang anak agar kelak menjadi generasi yang bermanfaat bagi agama, masyarakat dan bangsa.

“Guru harus selalu meningkatkan kompetensinya agar RA/BA benar-benar jadi pilihan pertama masyarakat,“ ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, RA/BA  tanpa disadari sudah melaksanakannya dengan bermain dan bernyanyi. Karena semua itu sudah bermuara ke sistem Merdeka Belajar. “Itu semua sudah bagian dari penerapan pembelajaran di RA/BA, hanya perlu disistematisasi,” katanya.

Muara dari pembelajaran aktif, kreatif dan efektif tersebut diharapkan dapat menghadirkan suasana pembelajaran bagi anak-anak yang menyenangkan, terutama bagi siswa. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah menangkap pelajaran karena suasana dalam diri maupun di luar dirinya mendukung. Pembelajaran menyenangkan adalah pembelajaran yang membuat siswa nyaman, aman dan tenang hatinya.   Apalagi anak-anak RA/BA yang di masa-masa perkembangan 5 tahun emas maka pembelajarannya harus menyenangkan, sehingga tidak ada rasa sedikitpun adanya ketakutan kecemasan yang nantinya membentuk karakter yang paripurna.

Sementara itu, Ketua IGRA Kabupaten Temanggung, Tutik dalam laporannya mengatakan, sebanyak 235 Guru RA/BA yang tergabung dalam Ikatan Guru Raudhatul Athfal ( IGRA ) mengikuti kegiatan ini. “Kegiatan ini bekerjasama dengan CBA ( Ceria Bocah Indonesia ) untuk meningkatkan profesionalisme guru RA/BA, meningkatkan wawasan, kreatifitas dan Ketrampilan guru RA/BA. serta menjalin dan memelihara ukhuwah Islamiyah guru RA/BA se-Kabupaten Temanggung,” pungkasnya.(sr/rf)