Imtihan Wathani 1445 H Digelar, 2.283 Santri di Jateng Ikuti Ujian

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang (Humas) – Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Berstandar Nasional Pondok Pesantren Se-Indonesia atau Imtihan Wathani Tahun 1445 H / 2024 M resmi dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (1/2/2024) untuk jenjang Wustha (setingkat Madrasah Tsanawiyah).

Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Kabid PD Pontren) Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, Amin Handoyo melakukan pemantauan pelaksanaan Imtihan Wathani di Pondok Pesantren Darul Ulum Kabupaten Batang.

“Alhamdulillah pelaksanaan Imtihan Wathani untuk jenjang Wustha di seluruh Jawa Tengah pada hari ini secara umum berjalan dengan baik dan lancar. Penyelenggaraan Imtihan Wathani merupakan ikhtiar Kementerian Agama dalam mengukur capaian kompetensi santri dan standar penguasaan kurikulum yang berbasis kitab kuning yang mengacu pada kerangka dasar dan struktur kurikulum untuk Pondok Pesantren, “ terang Kabid PD Pontren di dampingi Kasi PD Pontren Kankemenag Batang, Ahmad Munir Malik.

Imtihan Wathani diikuti sebanyak 2.283 santri PDF di Jateng, dengan jenjang Wustha sejumlah 1.443 santri dan Ulya (setingkat Madrasah Aliyah) sebanyak 840 santri di 11 lembaga.

Di tempat yang sama, Pengasuh Ponpes Darul Ulum Kiai Maulana Zainul Iroki menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Kementerian Agama kepada Pondok Pesantren.

“Imtihan wathani menjadi dasar bagi para santri untuk meneruskan ke madrasah atau sekolah formal lainnya, semoga para santri sukses dalam menggapai cita-citanya dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, “ harapnya.

Ujian jenjang Wustha di Ponpes Darul Ulum diikuiti oleh 152 santri yaitu 69 santri putra dan 83 santri putri dan akan berlangsung hingga hari Sabtu (3/2/2024). Untuk jenjang Ulya akan dilaksanakan pada 5 s.d. 7 Februari 2024.(RK)