Isro Miroj dengan Camping Qur’an

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Perayaan Isro’ Mi’roj diperingati seluruh umat Islam dengan berbagai cara. MA Al-Islam Jamsaren Surakarta tahun ini memperingatinya dengan kegiatan yang berbeda, yaitu dengan mengadakan kegiatan Camping Qur’an (18-19/02). Kegiatan dilaksanakan di salah satu villa di Tawangmangu Karanganyar dan diikuti oleh para siswa-siswi serta guru dan karyawan dengan sangat antusias. Seluruh peserta diberangkatkan dengan 2 minibus, dari madrasah menuju ke lokasi pukul 07.30 WIB. Diikuti oleh 48 murid bersama 7 guru pembimbing yang tiba di lokasi dilanjutkan dengan pendirian tenda. Setelah itu, para siswa diberi pengarahan dan informasi penting terkait kegiatan tersebut. “Selama kegiatan camping Qur’an selama 2 hari 1 malam ini kalian diberi tugas dan target untuk menghafalkan 1 juz Al-Qur’an,”pesanMuhammad Sidiq , selaku guru pembimbing.

Kegiatan hafalan Qur’an pun berlangsung dengan nyaman. Sembari menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an, para siswa pun begitu senang bisa menikmati keindahan alam dan taman bunga yang ada di sekitar villa. Selain kegiatan setoran hafalan Al-Qur’an, kegiatan ini juga diisi dengan tausyiah yang diisi oleh Ust Kukuh Nugroho selaku Wakil Kepala Madrasah bagian Humas. Dalam tausyiahnya ia menyampaikan bahwa salah satu keutamaan penghafal Al-Qur’an ialah menjadi keluarga Allah SWT. Kemudian beliau menyampaikan salah satu hadits Nabi saw, yaitu: “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. ‘ Beliau SAW ditanya, ‘Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau SAW menjawab, ‘Mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Dari 48 siswa , lebih dari 20 siswa yang berhasil menghafalkan 1 juz Al-Qur’an. Dan beberapa siswa berhasil menyelesaikan setengah juz Al-Qur’an. Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah bagi 5 siswa terbaik dan terbanyak dalam menghafal Al-Qur’an. (kkh/my)