Khotmil Qur’an MAN 2 Magelang Tumbuhkan Karakter Positif bagi Pelaku Pendidikan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Giat Khotmil Qur’an diselenggarakan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Magelang dalam rangka peringatan Isra Mikraj tahun 1444 H/ 2023 M pada Jum’at, (17/02/2023) di halaman tengah kompleks MAN 2 Magelang.

 

Dalam Khotmil Qur’an tersebut berlangsung 30 kali khatam yang dilakukan perkelas 1 khataman Qur’an 30 juz yang diikuti oleh 71 guru dan pegawai serta 909 peserta didik MAN 2 Magelang berlangsung dengan tertib dan khidmat. Rebana Pondok Pesantren Nurul Maghfiroh membuka dan memeriahkan Peringatan Isra Mikraj tersebut.

 

“Sholat adalah komunikasi pribadi dengan Allah SWT, maka marilah kita lebih mendisiplinkan sholat, syukur-syukur ditambah dengan sholat sunah tahajud,” kata Kepala Madrasah, Drs. H. Muslih, M.Pd dalam sambutannya.

 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Madrasah menjelaskan terkait dengan pentingnya sholat wajib termasuk sholat sunah. “Jaga sholat dhuha, karena rejeki tidak hanya berupa uang tapi kesempatan,” ungkapnya.

 

Dimulai dari menjaga sholat maka keseluruhan dari sikap dan perilaku lebih terjaga. Selain sholat, membaca al-Qur’an juga harus selalu dibiasakan. “Untuk semua siswa sikap senantiasa menjaga sikap dan lisan,” pesan Kepala Madrasah.

Kegiatan Khotmil Qur’an selain memelihara dan menjaga pembiasaan baik guna memunculkan karakter yang positif bagi peserta didik, juga dilakukan open donasi  bagi guru dan pegawai MAN 2 Magelang. Donasi tersebut digunakan untuk santunan siswa sakit dan apresiasi penghafal Qur’an. Hal tersebut membiasakan dan menumbuhkan karakter positif bagi guru dan pegawai.

 

Khotmil Qur’an dipimpin oleh Mursyidul Anam,S.Ag, selaku guru Tafsir Hadist. Turut mendampingi siswa Hafidzhoh atas nama  Umi Fatimah kelas X-I dari Pondok Pesantren Awal 2 dan Aqshol Hidayah, M.Pd, guru Akidah Akhlak mengisi kegiatan Khotmil Qur’an. Pidato 3 bahasa oleh siswa juga memeriahkan kegiatan tersebut.(FS/Sua).