Jajaran Pimpinan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Ikuti CAT IPMB Tahap 2

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 33 peserta dari UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengikuti CAT Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) ASN Tahap 2. CAT ini dilaksanakan secara serentak bagi seluruh ASN Kementerian Agama RI pada 28 Februari 2023. Pelaksanaan CAT di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan bertempat di Lab. Komputer Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) kampus 2, Kajen.

Dalam CAT tahap 2 ini Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro, jajaran pimpinan Fakultas dan pegawai UIN Gus Dur yang belum ikut CAT di tahap sebelumnya mengikuti di tahap 2 ini. Tujuan dari pelaksanaan CAT IPMB Kemenag adalah menyusun indeks professional moderasi beragama bagi ASN.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya melalui video zoom mengatakan, pelaksanaan CAT IPMB ini wajib diikuti seluruh ASN Kemenag RI yang bertujuan untuk mengetahui Indeks Profesional Moderasi Beragama yang akan muncul di profil ASN Kementrian Agama. “Selain itu juga diharapkan agar ASN Kemenag RI bisa menjadi penggerak Moderasi Beragama di Indonesia,” ungkapnya.

Ditemui pasca pelaksanaan CAT IPMB, Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., mengatakan, tes ini terkait dengan indeks profesionalisme dan moderasi beragama bagi pimpinan UIN Gus Dur termasuk panitia tes yang belum ikut CAT IPMB yang sudah dilaksankan beberapa waktu yang lalu. Prof. Zaenal memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan CAT yang berjalan dengan lancar. “Terima kasih atas kerja keras tim, sehingga tes ini berjalan dengan lancar,” ungkap prof. Zaenal. “Untuk hasilnya hanya bisa diketahui oleh masing-masing peserta CAT,” sambung Prof. Zaenal.

Prof. Zaenal berharap ASN UIN Gus Dur bisa mendapatkan nilai baik dari hasil CAT IPMB ini. “Untuk hasilnya kita tunggu, saya harap untuk ASN UIN Gus Dur bisa mencapai standar nilai yang telah ditentukan Kementerian Agama, baik itu di indeks profesionalisme ataupun indeks moderasi beragamanya,” terang Prof. Zaenal.

Kalau ada ASN Kementerian Agama yang nilainya kurang misal indeks profesionalisme masih di bawah standar, nanti akan diberikan pelatihan oleh Kementerian Agama melalui Badan Litbang. Pelatihannya akan dilaksanakan secara online bagi seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan profesionalisme ASN Kementerian Agama.

CAT IPMB di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dibagi menjadi 3 sesi, sesi pertama diikuti oleh 11 peserta, sesi kedua diikuti 8 peserta dan sesi ketiga diikuti 14 peserta. Sebelumlnya Kemeterian Agama telah menggelar survei Indeks Profesionalitas dan Moderasi Beragama (IPMB) secara serentak pada 27 Desember 2022. Lebih 214 ribu ASN Kemenag ikut ambil bagian pada survei IPMB yang pertama. Untuk sertifikat CAT IPMB nantinya dapat diunduh melalui link https://sso.kemenag.go.id.(Baryachi/Ant/bd).