Jamaah Haji Asal Kendal Kembali ke Tanah Air

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Sesuai dengan jadwal keberangkatan dan pemulangan jamaah haji asal Kabupaten Kendal sejumlah 493 jamaah yang tergabung dalam kloter 10 dan 11 tiba kembali di pendopo kabupaten pada Sabtu, (23/7).

Jamaah haji kloter 10 tiba di Kendal pada Jumat 22 Juli sekitar pukul 15.00 WIB mereka langsung disambut oleh keluarga masing-masing yang sudah tak sabar menunggu. Begitupun pada pemulangan jamaah haji kloter 11 yang tiba di pendopo kabupaten pada Sabtu 23 Juli pukul 07.00 WIB.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menjelaskan, Kabupaten Kendal memberangkatkan jamaah haji ke tanah suci sebanyak 493 jamaah yang terbagi dalam 2 kelompok terbang yaitu kloter 10 dan 11 yang seluruhnya telah selesai melaksanakan rukun islam ke 5.

“Dari jumlah tersebut tercatat jamaah sudah kembali ke tanah air sebanyak 492 jamaah, 1 orang meninggal di tanah suci atas nama Mustaji bin Mukri jamaah asal desa Kacangan Lor kecamatan Kangkung yang tergabung dalam kloter 11 dan langsung dimakamkan di tenag suci,” terang Nur Qoidah.

Kasi PHU menambahkan, pemulangan jamaah haji ke tanah air tidak melalui proses karantina yang panjang, namun setibanya di embarkasi jamaah haji langsung diminta melakukan swab dan pengawasan kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh dan gejala penyakit menular. Bagi jamaah yang mengalami keluhan kesehatan langsung dirujuk ke klinik dan rumah sakit sementara bagi jamaah yang kondisinya sehat dapat langsung kembali ke daerah asal dengan catatan tetap memantau kesehatannya.

“Jamaah diminta segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat apabila ada gangguan kesehatan atau gejala tertentu,” imbuhnya.

Untuk pengambilan koper jamaah haji dilakukan di aula KPRI Hikmah Kantor Kemenag Kendal dengan menunjukan identitas pengambilan. Bagi jamaah haji kloter 10 koper diambil pada Jumat mulai pukul 20.00 WIB sedangkan kloter 11 koper diambil hari Sabtu mulai pukul 07.15 WIB. (bel/rf)