Jamaah Haji Kendal Ikuti Bimbingan Manasik Kabupaten

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Pelaksanaan bimbingan manasik haji pertama tingkat Kabupaten Kendal berlangsung Senin (8/5) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal. Dihadiri oleh Bupati Kendal, Sekda Kendal, Kepala Kemenag Kendal, Forkopimda Kendal, kegiatan diikuti oleh ratusan calon haji beserta petugas haji Kabupaten Kendal.

Dijelaskan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus hari ini Kemenag bersama Pemerintah Kabupaten Kendal menyelenggarakan Bimbingan Manasik I Tingkat Kabupaten sebagai upaya persiapan pemberangkatan jamaah haji tahun 2023.

“Bimbingan Manasik Haji ini diselenggarakan selama 2 hari, mulai tanggal 8-9 Mei 2023 di Pendopo yang nantinya para calon jamaah haji akan diberikan bimbingan pengarahan langsung dari Kasubdit Bimbingan Jamaah Haji pada Kemenag Pusat,” ujar Mahrus.

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini tidak ada pembatasan usia sebagaimana tahun sebelumnya saat pandemi Covid-19 pemerintah Arab Saudi membatasi usia jemaah haji yakni di bawah 65 tahun. Oleh karenanya pemerintah telah memberi perhatian khusus dengan pembuatan struktur layanan jamaah haji lansia. Maka kebijakan Kementerian Agama di bidang haji tahun 2023 ini adalah kebijakan haji ramah lansia.

Buka kegiatan secara resmi, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengucap syukur alhamdulilah dengan ada kepastian kembali dilaksanakannya ibadah haji. Pihaknya akan terus memonitoring kegiatan para jamaah haji asal Kabupaten Kendal saat melaksanakan ibadah di Arab Saudi.

Bupati Dico juga menyampaikan, untuk melaksanakan ibadah haji yang pertama harus memiliki niat yang tulus tanpa ada niat lain selain ibadah, agar perjalanan hajinya diberikan kemudahan dan kelancaran baik saat di tanah suci hingga pulang ke tanah air nanti.

“Ibadah haji ini waktunya cukup lama, yaitu 41 hari di sana, jadi bagi masyarakat Kendal yang akan melaksanakan ibadah haji harus dijaga fisik dan kesehatannya. Maka, mulai hari ini para calon haji harus mempersiapkan dengan membiasakan berolahraga untuk, sehingga jika niatnya sudah baik, fisiknya dijaga dengan baik, saya doakan semuanya diberikan kemudahan dan kelancaran,” tutur Bupati Dico.

Rencananya jamaah haji gelombang I dijadwalkan masuk ke Embarkasi tanggal 23 Mei 2023 dan pemberangkatannya menuju Madinah tanggal 24 Mei 2023. Pada akhir pemberangkatan jemaah haji gelombang I menuju Madinah tanggal 7 Juni 2023. Sedangkan awal pemulangan jemaah haji gelombang I ke tanah air dari Bandara Jeddah tanggal 4 Juli 2023 dan akhir pemulangan jemaah haji gelombang I tanggal 18 Juli 2023. (bel/rf)