Jawab Tantangan Kekinian, ASN Harus Wujudkan Kedaulatan Profesi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jateng, Mustain Ahmad mengingatkan seluruh ASN untuk senantiasa menjaga kedaulatan profesi dengan terus meningkatkan kapasitas diri, kapabilitas, kompetensi dan komitmen terhadap tugas.

Hal tersebut disampaikan Mustain pada Pembinaan ASN Kantor Kemenag Kab. Magelang, 12/06/2023 di Gedung GSG Komplek Kantor Kemenag Kab. Magelang.

“Apa yang menjadi ruang gerak kita ini, memperkuat kedaulatan kita sebagai Kementerian, lembaga, institusi, sekaligus kedaulatan profesi kita masing-masing,” kata Mustain.

Mustain mempertanyakan eksistensi jabatan-jabatan pada Kementerian Agama, apakah masih relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat. Sebagaimana diketahui, pernah terjadi departemen yang dibubarkan oleh Pemerintah, maka hal bisa juga terjadi pada Kementerian Agama saat masyarakat mulai mempertanyakan eksistensi ASN Kemenag.

Kepada para ASN, Mustain menyampaikan saat ini perubahan yang cepat telah terjadi, sejumlah perubahan atau lompatan yang besar keluar dari tatanan lama, dan mengubah sistem lama menjadi sebuah sistem baru. Termasuk birokrasi pemerintah saat ini telah menjelma menjadi birokrasi lebih adaptif dan agile.

“Jika kita tidak punya kedaulatan profesi, tidak punya kedaulatan institusi, maka kita akan dilibas oleh kemajuan zaman, oleh tantangan kekinian,” tegas Mustain.

Untuk mewujudkan kedaulatan profesi, seorang ASN dituntut untuk mereposisi diri agar tidak menjadi usang dalam menjawab tuntutan publik. Mustain menegaskan seorang ASN seharusnya tidak merasa khawatir jika mempunyai profesionalisme dan kompetensi karena meskipun tantangan silih berganti akan mempunyai domain wilayah kerja.

“Jangan lelah, jangan lelah!” Begitu pesan Mustain agar para ASN terus menjaga spirit dalam bekerja mengabdi di Kementerian Agama.(m45k/Sua)