MIT Amanah Ngrampal Tingkatkan Literasi Siswa Melalui Pojok Baca

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ngrampal – Ujian Tertulis Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2022/2023 di MIT Amanah berakhir pada Sabtu, (10/06). Untuk mengisi kegiatan paska PAT dengan kegiatan yang positif, Senin, (12/06) dilaksanakan kegiatan bertajuk giat literasi. Pada kegiatan tersebut, setiap anak dari kelas I-V membawa sebuah buku dari rumah untuk dijadikan koleksi tambahan literasi di madrasah. Buku yang dibawa bertema kisah islami/Nabi/Rasul, dongeng binatang, cerita rakyat, cerpen anak, dan buku-buku lain bernuansa edukatif.

Wali kelas bertugas memastikan masing-masing buku yang dibawa ananda mengandung nilai-nilai edukatif. Rata-rata buku yang dibawa anak-anak adalah kisah Nabi/Rasul, dongeng, dan cerita rakyat. Apabila kedapatan isi buku yang tidak sesuai untuk bacaan anak-anak, Wali kelas mengembalikan buku tersebut kepada anak dan diminta mengganti dengan buku yang sesuai dengan konten edukasi.

Kepala MIT Amanah, Habib Misbahul Munir, M.Pd mengungkapkan, “Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan membaca buku sejak dini. Selain akan menambah wawasan dan pengetahuan, membaca buku juga bisa menambah perbendaharaan kata,” ucapnya.

“Literasi adalah keterampilan membaca, menulis, dan berbicara yang sangat penting bagi setiap individu, termasuk siswa. Kemampuan literasi yang baik akan membantu siswa dalam proses belajar dan meningkatkan kemampuan akademik mereka,” tambah Habib.

Selain giat literasi, ada  kegiatan-kegiatan lain yang diadakan di MIT Amanah seperti bersih madrasah, jalan sehat dan lain sebagainya. Hal tersebut dimaksudkan untuk syiar madrasah di masyarakat dan juga sebagai bentuk penanaman rasa peduli siswa terhadap lingkungan sekitar.(bib/Sua)