Jelang Keberangkatan Haji, Jemaah Asal Jawa Tengah Wajib Vaksin Polio

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sukoharjo (Humas) – Ratusan jemaah haji Kab. Sukoharjo secara serentak mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tahun 2024 di Gedung Istana Hapsari, Sukoharjo pada Selasa, (23/4/2024). Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad.

Musta’in mengatakan bimbingan manasik haji masal ini akan ditindaklanjuti di setiap kecamatan atau gabungan kecamatan. Selain itu, Kakanwil juga menjelaskan berbagai pelayanan yang akan diberikan kepada para jemaah.

“Semua fasilitas sudah kami siapkan, para petugas siap mendampingi jemaah kapan pun dan Dimana pun. Mulai dari pemberangkatan hingga kembalinya ke tanah air. Jika ada keluhan segera lapor ke petugas, jangan sungkan,” ujarnya.

“Untuk jemaah haji Jawa Tengah rencananya akan di tempatkan di Hotel Raudah dan akan ada bus Sholawat yang akan menemani perjalanannya” imbuh Kakanwil.

Perlu diketahui bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyampaikan bahwa keberangkatan haji tahun 2024 terdapat dua provinsi yang wajib untuk mendapatkan vaksin polio selain miningitis, yakni Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pemberian vaksin polio pada calon jemaah haji ini semacam memberikan jaket pada calon jemaah agar sehat selama berhaji.

Selain itu, Kakanwil mengimbau kepada seluruh jemaah haji untuk menjaga Kesehatan mulai dari sekarang.

“Di mohon kepada seluruh jemaah haji yang akan diberangkatkan jaga Kesehatannya. Bagi yang tengah melakukan pengobatan untuk minum obat secara teratur dan istirahat yang cukup, agar ibadah dapat berjalan dengan khusyuk dan lancar,” pesannya. (D/bel)