Kabupaten Pekalongan Gelar Serah Terima Estafet Tunas Kelapa Di Tiga Lokasi Berbeda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, KAJEN —  Ahad (27/08/2023), di SD Negeri Pandanarum Tirto, Kabupaten Pekalongan, berlangsung acara serah terima Estafet Tunas Kelapa (ETK) tahun 2023 Kwarda Jawa Tengah yang masuk ke Wilayah Kabupaten Pekalongan. Acara ini dihadiri oleh Bupati Pekalongan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Pekalongan, diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan, M. Yulian Akbar.

Bupati Pekalongan melalui Sekda Akbar, menjelaskan bahwa hari ini ada sebanyak tiga titik di Kabupaten Pekalongan yang menjadi lokasi serah terima ETK, “Titik pertama berada di Tirto Pandanarum pukul sepuluh pagi ini dengan Kota Pekalongan, titik kedua akan berlangsung di Pendopo Kecamatan Karangdadap pukul tiga sore nanti dengan Kabupaten Batang, dan titik terakhir berada di Jembatan Kesesi yang akan diserahkan kepada Kabupaten Pemalang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Akbar menyatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan rangkaian acara yang sudah lama tidak dilaksanakan sejak pandemi, dan tujuannya adalah untuk menggelorakan kembali semangat dan tujuan gerakan pramuka terkait pendidikan karakter bangsa dan cinta terhadap tanah air. “Melalui estafet tunas kelapa ini, kita berupaya menghidupkan kembali semangat gerakan pramuka,” ujarnya.

Sekda menambahkan bahwa terdapat empat poin pesan penting dari Gubernur yang disampaikan dalam kegiatan itu, salah satunya adalah pramuka harus terkait erat dengan cinta tanah air dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. “Kita harus terus menggelorakan semangat cinta tanah air melalui gerakan pramuka, dan kita harus bangga sebagai anggota pramuka Indonesia,” pungkasnya. (Prokompim/MTb/bd)