Kafilah MTQ Banyumas Rebut 7 Medali

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang : Kafillah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Tengah XXIX dari kabupaten Banyumas yang digelar di kota Semarang selama 4 hari dari tanggal 22 – 25 Juli 2022 berhasil meraih tujuh medali kejuaraan .

Pengumuman tersebut dilakukan pada saat penutupan MTQ ke XXIX di Semarang , Minggu malam (24/07) , yang tertuang di lembar pengumuman Keputusan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Jawa Tengah XXIX Tahun 2022 No. 01/DH/VII/2022. Tentang peserta terbaik I, II, III, Harapan I, II, III dan juara umum MTQ tanggal 24 Juli 2022.

Keberhasilan Khafilah MTQ Kabupaten Banyumas ini tidak lepas dari sentuhan tangan dingin para pelatih dan pendamping yang telah berusaha keras selama berbulan – bulan mengasah serta meningkatkan kemampuan para peserta. Serta dukungan penuh dari Pemkab Kabupaten Banyumas dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas.

Kabupaten Banyumas di ajang MTQ ke XXIX tingkat provinsi Jawa Tengah ini mengikuti 15 cabang golongan yang dilombakan yaitu Tilawah anak – anak putra , Tilawah anak – anak putri, Tilawah remaja putri, Tilawah remaja putra, Tilawah dewasa putra, hafalan 1 juz dan tilawah putra, hafalan 1 juz dan tilawah putri, hafalan 5 juz dan tilawah putra, hafalan 5 juz dan tilawah putri, hafalan 10 juz putra, hafalan 10 juz putri , hafalan 20 juz putra, hafalan 20 juz putri , hafalan 30 juz putra, hafalan 30 juz putri.

Didit Hermawan, Plh. Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas selaku ketua Kafilah menyampaikan bahwa Kafilah MTQ Kabupaten Banyumas dilomba kemaren baru masuk ke peringkat 9 besar , dari 15 cabang golongan lomba yang diikuti.
“ Harapan kami kedepannya akan dilakukan seleksi ditingkat kabupaten Banyumas , dan sebagai tindak lanjut program tersebut selama satu tahun ini kita akan menjaring kader kader ditingkat kecamatan untuk semua cabang melalui LPTQ.” Terang Didit.
“ Kelembagaan LPTQ itu ada mulai dari tingkat pusat sampai kecamatan , dengan adanya program seleksi ini maka harapannya LPTQ ditingkat kecamatan akan proaktif melakukan pembinaan qori dan qoriah serta hafidz dan hafizdoh.” Ujar Didit Lebih lanjut .

Sementara itu Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim menyambut baik dan mengapresiasi atas prestasi yang diperoleh Kafilah MTQ Kabupaten Banyumas dan untuk peraih medali emas atau juara satu akan mendapatkan penghargaan husus atau reward dari Kemenag Banyumas
“ Hasil dari lomba MTQ ke XXIX yang telah diumumkan kemarin Kafilah Kabupaten Banyumas mendapatkan kejuaraan Terbaik I dengan nilai 96,75 diraih oleh Arju Naaji dari cabang hafalan Al Quran golongan 1 Juz dan Tilawah putera, Terbaik I dengan nilai 95,0 diraih oleh Halya Nur Ajillah dari cabang hafalan Al Quran golongan 30 Juz puteri. Terbaik III dengan nilai 89,5 diraih oleh Zain Lutfi Itmamul Wafa dari cabang seni baca AL Quran golongan Tilawah Remaja, Terbaik III dengan nilai 82,0 diraih oleh Muhammad Fauzul A. Abdillah dari cabang hafalan Al Quran golongan 10 Juz putera. “ jelasnya.

“ Kemudian Harapan III diraih oleh Ellisa Syfa Herlina dari cabang hafalan Al Quran golongan 10 Juz puteri. Harapan II diraih oleh Rizqi Rijal Ngatulloh dari cabang hafalan Al Quran golongan 20 Juz putera. Harapan II diraih oleh Muhammad Thoriq Al Asad dari cabang hafalan Al Quran golongan 30 Juz putera. “ jelasnya lebih lanjut.

Dari hasil perolehan nilai secara keseluruhan Juara umum I adalah kota Semarang dengan skore 109, juara umum II Kabupaten Pati dengan skore 48, juara umum III Kabupaten Kudus dengan skore 41. Sedangkan Kabupaten Banyumas bersama Kabupaten Kebumen menduduki peringkat ke IX dengan skore yang sama yaitu 12 . (yud/rf)