Kakankemenag : ASN Jadilah Teladan Dalam Menjalankan Ibadah.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Segenap ASN Kankemenag Kota Pekalongan melaksanakan apel pagi pertama di bulan puasa 1443 H / 2022 M. Senin 4 April 2022

Meskipun dalam suasana puasa, namun tidak mengurangi semangat para ASN untuk tetap disiplin mengikuti apel.

Kakankemenag Kota Pekalongan H. Kasiman Mahmud Desky,M.Ag dalam sambutannya mengingatkan bahwa Kementerian Agama RI telah menetapkan awal Romadlon tahun 1443 H / 2022 M pada hari Ahad 3 April 2022.

Disampaikan oleh Kakankemenag bahwa Kementerian Agama menggunakan kriteria baru hilal dalam menentukan awal Ramadhan 1443 H tersebut.

“Berdasarkan pada kesepakatan para Menteri Agama : Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) tahun 2021, dinyatakan bahwa awal bulan adalah jika posisi hilal saat matahari terbenam sudah 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. Sementara selama ini, kriteria awal bulan adalah dengan ketinggian 2 derajat dan elongasi 3 derajat, ” jelasnya.

‚ÄúDengan kriteria ini memungkinkan sering terjadi perbedaan dalam penetuan awal Romadhon yang perlu disikapi dengan bijak,” tambahnya.

Selanjutnya H.Kasiman Mahmud Desky juga mengapresiasi dengan telah dibuatnya jadwal kultum romadlon yang pelaksanaannya setelah selesai jamaah sholat dluhur.

“Diharapkan dengan diisi kegiatan- kegiatan yang bernuansa agamis, maka pelaksanaan kegiatan ibadah puasa kita akan semakin bermakna,” tandasnya.

Diakhir sambutannya H.Kasiman Mahmud Desky juga mengingatkan kepada segenap ASN peserta apel beberapa hal diantaranya sebagai berikut : 1). Hendaknya untuk memperbanyak ibadah mahdloh dan ghairu mahdloh; 2). Dapat menjadi teladan dalam menjalankan ibadah dan mematuhi prokes; 3). Senantiasa dapat memahami perbedaan dalam mengawali Romadhon; serta 4. Tetap semangat bekerja walaupun dalam keadaan berpuasa. (Ant/Qy/bd)