Kakankemenag : KKRA Kota Pekalongan Harus Membangun Budaya Mutu, sehingga Arah Gerak RA Kepada Pencapaian Mutu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Kepala Kankemenag Kota Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag hadir dan memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi dengan Kepala RA yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Raudlotul Athfal (KKRA) Kota Pekalongan. Kegiatan bertempat di ruang kelas RA Masyitoh 01 Kuripan KIdul Pekalongan Selatan. Rabu (14/09/2022).

Sebelum kegiatan dimulai, didahului dengan kegiatan jalan sehat bersama. Turut hadir Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Pekalongan, Drs. H. Nadhief Emce. Kapokjawas, H. Ali Suparman, M.Pd.I serta para pengawas RA lainnya.

Dalam sambutan serta pembinaannya, H. Kasiman mengajak jajarannya untuk terus memacu prestasi sehingga dapat berbicara di level yang lebih tinggi.

“Mari kita tingkatkan untuk tidak hanya bisa berbicara di tingkat kota saja, namun hingga ke tingkat nasional,” pintanya.

H. Kasiman menegaskan, ketika RA tidak bisa menyodorkan prestasi, maka berbagai pihak tidak akan menyapa. Sehingga setiap RA harus memiliki prestasi sebagai daya jual yang bisa ditawarkan.

Ia pun berpesan agar amanat Menteri Agama yang dibacakan yang dibacakan staf khusus pada kegiatan Penghormatan bendera merah putih 17 September 2021 lalu ditindaklanjuti.

“Ada 3 hal yang harus ditindaklanjuti sesuai amanat Menteri Agama tersebut. Pertama, semua ASN Kemenag harus meningkatkan  disiplin dan harus berada pada satu barisan. Kedua, mari bangun Kemenag yang tampak tua ini dengan penampilan yang progressif dan responsive. Ketiga, kita harus bangga menjadi warga Kementerian Agama,” tandasnya.

Di akhir pembinaannya H. Kasiman menyampaikan salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik RA adalah dengan mempercantik wajah atau tampak depan RA, sedangkan dari sisi dalam prestasi peserta didik juga terus ditingkatkan.

“Bekerja di Kementerian Agama termasuk di Roudlotul Athfal harus diniati dengan ibadah, yakinkan sedang menanamkan nilai-nilai keislaman dan keimanan kepada peserta didik,” ungkapnya.

“Oleh karenanya KKRA harus membangun budaya mutu. Sehingga arah gerak RA kepada pencapaian mutu. Untuk itu perlu dibangun team work yang baik, caranya mindset Kepala, guru dan Komite harus disamakan,” tegasnya.

Ia mengingatkan agar para Kepala RA tidak terus-menerus memikirkan bangunan madrasah secara fisik. Namun harus mengubah orientasinya kepada mutu.

“Semangat, meski dengan siswa  sedikit maupun banyak. Saat siswa sedikit pikirkan mutu, saat siswa banyak juga pikirkan mutu. Pikirkan mutu dan keberhasilan sebagai pendidik sejak kita diangkat,” pintanya.

H. Kasiman berharap Pengawas, Kepala RA dan guru untuk selalu mendorong peserta didiknya mengikuti berbagai lomba yang mendukung keberhasilan mereka dalam belajar dan mengembangkan dirinya..

Dalam pertemuan ini, juga hadir Ketua KKRA Kota Pekalongan Hj Dra.Hj. Husnul Hamudah, S.Pd. Selain mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Ketua KKRA juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang hadir terutama Bapak Kepala Kankemenag Kota Pekalongan yang sangat memperhatikan RA.

“Mohon doa restu agar tim lomba Apguraindo Kota Pekalongan yang maju ke tingkat wilayah sukses meraih juara, yang pelaksanannya pd tanggal 24 September 2022 di BBPMP Semarang.” ujarnya.

Ketua KKRA juga berharap agar program KKRA tentang Bimtek IKM insya Allah akan diselenggarakan di bulan November 2022 dapat berjalan sesuai dengan rencana, demikian juga acara pembinaan dan purna tugas bapak kasi Penmad yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Oktober 2022 di Guci Tegal. (Ant/bd)