Kakankemenag Lakukan Monev ANBK Tingkat MI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Salatiga (Humas) – Sebanyak 60 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kumpulrejo 01 dan MI Ma’arif Global mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2023 Tingkat MI pada hari ini, Senin (23/10/2023). Asesmen terbagi dalam dua kelas dan dua sesi bertempat di Ruang Lab Komputer MTsN Salatiga.

Kakankemenag Kota Salatiga, Wiharso berkesempatan memonitoring pelaksanaan ANBK sesi pertama didampingi Pengawas Madrasah, Mahsun Azmi, Kepala MTsN Salatiga Hidayatun, Kepala MI Kumpulrejo 01 Mashudi, Kepala MI Ma’arif Global Khoeroni. Sesaat sebelum asesmen, Kakankemenag memberikan semangat kepada para siswa.

“Sebelum mengerjakan soal, jangan lupa baca doa. Kerjakan soal dengan teliti, cermat, dan sabar,” pesan Wiharso, beliau juga meminta para siswa untuk memperbanyak belajar, jangan hanya bermain gadget saja.

Lebih lanjut Wiharso menyampaikan saran masukan kepada panitia penyelenggara dan kepala madrasah. Karena ANBK akan dilaksanakan setiap tahun dan untuk menunjang kegiatan pembelajaran sehari-hari, sudah selayaknya madrasah mempunyai ruangan yang aman dan nyaman dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai berupa perangkat komputer serta jaringan yang lancar.

Untuk diketahui ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud.go.id, mutu satuan pendidikan ini dinilai berdasarkan hasil belajar siswa dari beberapa aspek yaitu literasi, numerasi dan karakter. ANBK dilakukan secara online atau semi online karena berbasis komputer. (YF/HA/bel)