Kakankemenag : Mari Tetap Kita Jaga Kerukunan Umat Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Bertempat di Aula Kankemenag Kota Pekalongan, kembali digelar Rapat Koordinasi Tim Pembangunan Zona Integritas, yang dipimpin langsung oleh Kakankemenag Kota Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag. (Rabu, 15 Pebruari 2023).

Mengawali Rapat Koordinasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, H. Kasiman menyampaikan beberapa hal penting terkait hasil Penilaian Pendahuluan Pembangunan Zona Integritas yang telah dilakukan oleh Tim Penilai Eselon I (TPEI) .

Kakankemenag berharap agar Tim tetap semangat dan bekerja keras untuk memenuhi evident-evident yang masih kurang sesuai ataupun yang belum dapat dipenuhi saat pelaksanaan submit beberapa hari yang lalu.

Dalam kesempatan rapat koordinasi tersebut, Kakankemenag juga menyampaikan terkait hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023 diantaranya Ia mengingatkan kepada jajarannya untuk tidak melakukan praktik korupsi dalam semua proses penyelenggaran program Kementerian Agama, kemudian seluruh ASN Kemenag perlu memberikan respon cepat, jelas, dan detail atas isu atau masalah keagamaan yang berkembang di masyarakat, jangan ditunggu sampai ada masalah besar baru kita cari solusi-solusi pemecahan masalahnya.

“Kami mengingatkan kembali pesan menag untuk memaksimalkan dalam capaian program prioritas Kementerian Agama RI. Untuk mempercepat pelaksanaan program prioritas, maka wajib meralisasikan 70% anggaran pada bulan ketujuh tahun 2023 dengan cara yang cermat, akurat, akuntabel, dan selalu memperhatikan prinsip kehati-hatian, “ ungkapnya.

Lebih lanjut kakankemenag menyampaikan hal lainya yang menjadi mandatory adalah percepatan 10 juta sertifikasi halal yang diberikan Presiden di Tahun 2024. Maka target sertifikasi halal 1 juta harus tercapai dalam tahun ini dan tahun depan lebih banyak lagi, dan tidak boleh ada kegiatan yang hanya bersifat kejar target dan penumpukan kegiatan di akhir tahun

Diakhir arahannya Kakankemenag menegaskan kembali apa yang dipesankan oleh Gus Menteri  yang telah mencanangkan tahun 2023 ini sebagai Tahun Kerukunan Umat Beragama

“Bahwa menjelang tahun politik yang dikhawatirkan banyak terjadi hal-hal yang mengganggu keharmonisan umat beragama, oleh karena itu mari tetap kita jaga Kerukunan Umat Beragama dimanapun kita berada, baik di lingkungan kantor tempat kita bekerja, di lingkungan rumah tangga dan masyarakat tempat kita tinggal.” pungkasnya. (ANT/bd).