“Kampung Religi” Menjadi Progam Penguatan Moderasi beragama Kota Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Kepala Badan Kesbangpol Kota Magelang membuka acara uadiensi yang dihariri oleh organisasi yang bersinergi dengan intansinya di ruang rapat Jl. Pangeran Diponegoro No. 61 Kel. Kemirirejo Kec. Magelang Tengah. (Jum’at, 28/7).

Terkait dengan penguatan moderasi beragama di Kota Magelang,  Kepala Badan Kesbangpol Kota Magelang  menyampaikan bahwa realisasi program kampung religi telah kita sepakati mengenai indikator-indikatornya yakni mengembangkan nilai-nilai moderasi beragama dengan melestarikan kearifan lokal serta menguatkan wawasan kebangsaan. Substansi dari program kampung religi adalah untuk pengarusutamaan moderasi beragama. Kata Agus Satiyo Haryadi.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga, merawat, memelihara dan meningkatkan kerukunan, keamanan dan perdamaian masyarakat dalam hidup berdampingan bersama, serta menangkal paham ekstrimis, radikalisme dan sikap intolerasi terhadap sesama masyarakat.

Mewakili Kepala Kankemenag Kota Magelang yang sedang dalam tugas lain, Ketua Pokjaluh yang juga Fasilitator FKUP Kota Magelang menegaskan bahwa Kementerian Agama tetap berkomitmen dan konsisten mendorong penguatan moderasi beragama. Ditahun 2022 ini juga telah dicanangkan oleh Gus Men sebagai tahun toleransi, dan melaunching buku moderasi beragama untuk pedomannya.

“Jajaran Kementerian Agama dari tingkat pusat hingga daerah all out dalam mengarusutamakan moderasi beragama. Setiap ASN Kementerian Agama sesuai dengan porsinya masing-masing telah mengedepankan perilaku moderat dalam beragama, terutama ketika berbaur dimasyarakat. Hal ini diharapkan menjadi contoh dari implementasi moderasi beragama,” ujar Shanti Maharanti.

“Namun demikian, kita akan senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah, FKUB dan ormas keagamaan setempat agar program yang diterapkan dapat selaras sesuai dengan karifan lokal yang sudah tumbuh. Penyuluh agama yang ada di Kementerian Agama Kota Magelang siap untuk pro aktif dalam berbagai kegiatan untuk menyukseskan program dari pemerintah kota,” tegasnya kemudian.

Sebagaimana diketahui, bahwa pemerintah Kota Magelang tengah mengembangkan program Kampung Religi untuk menciptakan religiusitas dan harmoni bagi masyarakatnya. Tentunya program pemerintah kota ini bisa menjadi pintu masuk bagi kementerian agama untuk berkontribusi dalam penguatan nilai-nilai moderasi beragama bagi mayarakat Kota Magelang. (Shanti/Hari/rf).