081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kampus Agama Islam Harus Berinovasi Untuk Menjelma Sebagai “Smart Campus”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Blora (Humas) – Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali dalam kunjungan kerjanya di Jawa Tengah memberikan orasi ilmiah pada acara Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Program Sarjana ke-7 Institut Agama Islam Khozinatul Ulum Blora, Minggu (19/3).

Dalam orasi ilmiah dengan tema menuju Generasi Khoirul Ummah yang Berakhlakul Karimah, Nizar Ali menyampaikan pentingnya keterlibatan industri dalam dunia pendidikan.

“Revolusi Industri 4.0 telah mendorong terjadinya banyak perubahan secara fundamental di segala sektor. Hal ini tentu saja berdampak pada berubahnya ekosistem pendidikan di lingkungan kita. Untuk itu, saya berharap IAI Khazinatul Ulum Blora dapat melakukan berbagai inovasi tatakelola dan proses pembelajaran untuk menjelma sebagai smart campus supaya dapat menghadirkan ekosistem pembelajaran yang adaptif dengan perkembangan teknologi informatika.”, pesan Nizar Ali.

Secara umum kampus Agama Islam perlu melakukan inovasi dan pembenahan terhadap beberapa aspek, diantaranya : Pertama, pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Kedua, meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) agar memiliki digital nature untuk mendukung ekosistem pembelajaran yang adaptif dengan Revolusi Industri 4.0. Ketiga, pengembangan kurikulum berbasis Kompetensi Abad 21. Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, maka lulusan kita harus melek tentang literasi baru yang menjadi syarat seseorang kompetitif di Abad 21.

Turut hadir dalam acara diantaranya Bupati Blora Arief Rohman, Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Prov. Jateng Nur Abadi, Kakankemenag Kab. Blora M. Kafit. (rk)

#kemenagjatengmajeng