Kankemenag Kab. Temanggung Gelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Tahun 1444 H / 2023 M

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melaksanakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Temanggung Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi yang bertempat di Hall KBIH Babbusalam Temanggung, Selasa (9/5).

Hadir dalam pembukaan Manasik Haji Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, Anggota DPR RI Komisi VIII KH. Muslich Zainal Abidin, perwakilan dari Polres Temanggung, Kodim 0706/Temanggung, Ketua MUI Kabupaten Temanggung, Ketua Pengurus Cabang NU, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah, Aisyiyah, Muslimat, Pengurus IPHI Temanggung, Pengurus Kelompok Bimbingan Haji dan seluruh calon jemaah haji tahun 2023.

Dalam laporannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Fatchur Rochman menjelaskan calon Jamaah Haji Kabupaten Temanggung terdapat 631 jamaah yang ikut pada bimbingan manasik pada periode 2023 ini.

“Jamaah laki-laki 301 orang, jamaah perempuan 330 orang. Paling muda berusia 24 tahun, paling tua berusia 95 tahun,” katanya.

Beliau menjelaskan rencana keberangkatan ibadah haji untuk Kabupaten Temanggung adalah tanggal 29 dan 30 Mei 2023.

Sementara Bupati dalam sambutannya menyampaikan, selamat kepada calon jamaah haji tahun 2023 dari Kabupaten Temanggung yang terpilih oleh Allah SWT untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah.

“Semoga perjalanan bapak / ibu sekalian menuju tanah suci, melaksanakan ibadah wajib dan sunnahnya sampai kembali ke tanah air nanti, semuanya bisa berjalan dengan lancar, sehat, barokah dan pulang menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, amin,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan Pemkab Temanggung juga menerjunkan 4 petugas yang nantinya akan membantu kesulitan dan memenuhi kebutuhan calon jamaah haji, yang mana calon jamaah haji di Kabupten Temanggung pada tahun 2023 ini dipenuhi dengan lansia.

Bupati berharap, Penyelengaraan Ibadah Haji tahun 2023 dari segala proses yang ditempuh oleh calon jamaah haji nantinya agar dapat diberikan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaanya. Tidak berhenti di situ, Bupati juga berpesan kepada calon jamaah haji agar mempersiapkan mental, pikiran dan jiwa untuk kembali kepada Allah SWT dengan pasrah dan sebenar-benarnya, dimana hal tersebut menjadi esensi dan hakikat dari keberadaan manusia, kembali kepada sang penciptanya.

“Di situlah bapak / ibu sekalian, mari dengan penuh ketulusan, dengan penuh niat betul-betul untuk kembali kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya kembali. Semoga kita semua dengan demikian menyadari tidak ada sesuatupun selain Allah SWT, maka kembali nanti kita sudah menjadi orang-orang yang mabrur dan mabruroh, amin,” tandasnya.

“Selamat menunaikan ibadah haji, semoga semuanya diberikan kelancaran. Jangan lupa di tanah suci nanti di semua tempat-tempat yang mustajab, saya mohon didoakan Kabupaten Temanggung kita, doakan masyarakat kita dan Temanggung yang sedang menghadapi pesta demokrasi 2024 supaya berjalan dengan lancar dan masyarakat Temanggung tetap Guyub, Rukun, Bersatu dan Barokah. Temanggung tansah Toto Titi Tentrem, Marem lan Gandem,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Anggota DPR RI Komisi VIII KH. Muslich Zainal Abidin menyampaikan materi bimbingannya kepada para calon jamaah Haji.(sr/rf)