Kapala Kankemenag Kota Magelang Proaktif Jalin Sinergitas Lintas Sektoral  

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Dalam rangka meningkatkan jalinan sinergitas lintas sektoral, Kepala Kankemenag hadiri acara yang digelar Polres Magelang Kota dalam rangka memperingati hari bhayangkara ke-76 yang bertempat di Alun-alum Kota Magelang. (Kamis.7/7).

Pasca menyaksikan tari Gugur Gunung, tari masal yang bertema ajakan untuk bersatu dan bergotong royong membangun negeri itu, para pejabat sipil, militer dan kepolisian di Kota Magelang melakukan dialog santai.

Salah satu bahasan dalam dialog lintas sectoral tersebut adalah mengenai kesiapan pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H. Hal ini menjadi perbincangan serius mengingat pandemi Covid 19 yang belum tuntas, dan ditambah lagi dengan menyebarnya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PKM) bagi hewan ternak khususnya untuk hewan kurban.

Meskipun pemerintah kota telah membentuk Satgas penanganan dampak  PKM yang dipimpin oleh Sekda Kota Magelang, namun demikian sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentunya masih diperlukan.

Diwilayah Kota Magelang embatasan lalu lintas hewan kurban antar daerah telah dilakukan, penyemprotan disinvektan telah terlaksana, dan vaksinasi bagi hewan ternakpun telah diberikan untuk hewan ternak yang terpapar. Namun kesiapsiagaan dan pemerintah dalam menangani hal ini menjadi diskusi yang hangat.

Kepala kankemenag Kota Magelang dalam diskusinya menyampaikan “Untuk mendukung Satgas penanganan PMK Kota Magelang, kami telah mengintensifkan peran penyuluh agama Islam baik PNS maupun Non PNS yang berjumlah 32 orang yang tersebar di 3 kecamatan. Mereka kami tugaskan untuk memberikan pencerahan kepada umat Islam di wilayah kerjanya mengenai tata cara pelaksanan Sholat Idhul Adha dan penyembelihan hewan kurban sesuai regulasi dari menteri agama,” ungkap Sofia Nur.

“Semoga kiprah mereka berdampak postitif dalam mendukung kesuksesan Satgas dalam melaksanakan tugasnya,” harapnya kemudian.

Soliditas lintas sektoral menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam menyukseskan pelaksanaan tugas dan fungsi kepemerintahan. Menyadari akan hal itu, Kementerian Agama Kota Magelang senantiasa membuka diri untuk bekerjasama lintas sektoral untuk mewujudkan sinergitas yang optimal. (Hari/rf).