Kasi PHU Informasikan Jadwal Keberangkatan dan Pengumpulan Koper

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Rabu (1/6/2022) Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, sampaikan beberapa informasi kepada calon jamaah haji (calhaj) yang hadir pada kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Semarang, yang diselenggarakan di aula kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Pertama, Calhaj Kota Semarang telah terbagi kloternya. “Jamaah haji Kota Semarang telah kami bagi dalam 3 kloter, yaitu kloter 16, 17 dan 22,” terangnya.

Kedua, Jadwal Pemberangkatan Calhaj Kota Semarang. “Pemberangkatan jamaah haji akan kami pusatkan di Islamic Centre Manyaran, guna memudahkan dalam pengkoordinasian. Kloter 16 akan diberangkatkan pada 14 Juni 2022 pukul 05.30 WIB dari Islamic Centre. Bapak/Ibu bisa rawuh sebelumnya, bahkan bisa rawuh sebelum subuh, kemudian melaksanakan shalat subuh di masjid Islamic. Sedangkan kloter 17, akan kami berangkatkan di hari dan tempat yang sama, pada pukul 16.30 WIB, yang kami perkirakan jamaah akan sampai di asrama Donohudan sebelum maghrib. Untuk kloter 22, akan diberangkatkan dari Islamic Centre pada 18 Juni mendatang dan pada pukul 05.30 WIB,” jelasnya.

Ketiga, Calhaj diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes). “Guna menjaga kenyamanan dan mencegah terjadinya kerumunan, pengantar jamaah cukup keluar inti saja. Selain itu, untuk sementara hindari saling bersalaman, karena salah satu cara penularan Covid-19 adalah melalui sentuhan langsung dengan penderita,” ujarnya.

Keempat, Jadwal pengumpulan koper. “Koper mohon dikirim ke Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, dua hari sebelum jadwal keberangkatan. Untuk identitas koper dan jadwal waktunya, akan kami susulkan, dan akan kami informasikan segera melalui whatsapp grup,” imbuhnya.

Kelima, Agenda kegiatan pembinaan kelompok regu (karu) dan rombongan (karom). “4 Juni besok, kami akan mengadakan kegiatan pembinaan bagi karu dan karom di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Undangan sudah kami share melalui WA grup,” pungkasnya.

Pada kegiatan bimbingan manasik haji kedua tersebut, Walikota Semarang dan Kepala Kankemenag Kota Semarang berkesempatan menyampaikan sambutan kepada calhaj Kota Semarang tahun 1443 H.

Sedangkan bertindak selaku narasumber yaitu, Kepala Bidang (Kabid) PHU Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jateng dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Hadir pula Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FKKBIH) Kota Semarang, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) se-Kota Semarang, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Kota Semarang dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Semarang.(Arya/NBA/bd)