Kasum Sukses Mengantar Guru-guru MTs N 1 Banjarnegara Membangun Website Pembelajaran Pribadi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – In House Training Pemanfaatan Platform Digital untuk Pembelajaran telah dilaksanakan MTs Negeri 1 Banjarnegara pada Selasa (20/12). Tiga platform digital diajarkan oleh narasumber yang salah satunya adalah google sites.

Kasum, guru TIK Madtsansa yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan IHT memulai materi dengan mengenalkan apa dan bagaimana google sites sehingga menjadi platform digital yang direkomendasikan dalam pembelajaran di kelas digital.

“Google Sites adalah aplikasi perangkat lunak kolaboratif dan terstruktur untuk membuat situs web pribadi maupun kelompok, untuk keperluan personal maupun korporat.” Terang Kasum memulai penjelasannya.

“Melalui google sites setiap guru dapat menyiapkan seluruh rencana dan skenario pembelajarannya untuk kemudian dapat diakses oleh siswa kapan saja dan di mana saja tentu melalui handphone, tab ataupun komputer yang terkoneksi dengan internet,” lanjut Kasum.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti IHT mengingat materi yang diberikan akan sangat diperlukan dalam pembelajaran di kelas digital nantinya.

Linara, wakil kepala urusan humas MTs Negeri 1 Banjarnegara yang bertugas sebagai moderator dalam kegiatan IHT menyampaikan pendapatnya.

“Sebagai salah satu produk dari Google, google sites merupakan tools untuk membuat website yang sangat mudah dicreate dan dikelola bahkan oleh pengguna awam sekalipun,” ujar Linara.

Lebih lanjut Linara juga mengatakan bahwa Google Sites merupakan tools pembuat situs yang populer karena memiliki sejumlah kelebihan.

” Sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh Google Sites adalah pertama, tools ini tidak memungut biaya alias gratis. Kedua, proses membuat situs menggunakan Google Sites sangatlah mudah. Ketiga, tools ini memungkinkan pengguna berkolaborasi dalam pemanfaatannya. Keempat, tools ini menyediakan 100 MB penyimpanan online gratis. Kelima, mudah ditelusuri menggunakan mesin pencarian Google dan terakhir dapat dimanfaatkan untuk E-learning” ungkapnya.

Hari itu juga, seluruh guru MTs Negeri 1 Banjarnegara berhasil membuat website pembelajaran pribadinya meskipun belum terbangun secara lengkap. Eko Widodo Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara mengapresiasi antusiasme peserta IHT.

“Luar biasa… dengan semangat ini, insya Allah tahun depan kita benar-benar akan dapat mewujudkan kelas digital yang tentunya dengan seluruh pembelajarannya berbasis digital,” ucap Eko Widodo.

Adapun manfaat dari penggunaan google sites dalam pembelajaran antara lain, guru dapat mengunggah materi pembelajaran, menyimpan silabus, memberikan tugas, memberikan pengumuman, dan memantau tugas-tugas siswa. (Lin/rf)