Kemenag Kab. Pekalongan Gelar Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – Selasa (21/3/23) Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tengah dilaksanakan oleh tim penilai dari Kemenag Kab. Pekalongan. Pelaksanaan PKKM merujuk pada SK Dirjen Pendis No. 1111 tahun 2019. Salah satu tujuan PKKM untuk memberikan penilaian kinerja madrasah baik 1 tahunan ataupun 4 tahunan. Unsur PKKM tahunan meliputi usaha pengembangan madrasah, tugas manajerial, kewirausahaan dan supervisi GTK. PKKM dilaksanakan pukul 08.00 – 15.00 WIB di ruang digital.

Gunawan, S H. selaku Kasi Penma Kemenag Kab. Pekalongan menyampaikan perlunya PKKM untuk mengetahui perkembangan kinerja setiap tahun. PKKM tahunan dinilai tim penilai PKKM Pengawas Kemenag Kab. Pekalongan. Harapan MAN Pekalongan menjadi madrasah pilihan dan semakin meningkat kinerja dan prestasi. MAN Pekalongan harus lebih baik dibandingkan madrasah swasta.

Kegiaran diawali paparan Drs.H. Syaefudin, M.Pd selaku kepala madrasah tentang visi misi, program, pengembangan madrasah, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan capaian madrasah. Beliau menekankan visi madrasah membangun generasi sholeh-sholehah, berakhlakul karimah dan berprestasi. Hal ini harus didukung program madrasah baik RKM, RKTM, RKJM, EDM yang berkesinambungan yang dibreakdown menjadi program kepala madrasah. Program kepala dilengkapi dengan program waka, kalab, pembina dan stakeholder lainnya. Salah satu program pembentukan karakter dengan Basuh Kaki Ibu dan budaya madrasah. Pembangunan hall serba guna akan menjadi branding madrasah. Capaian prestasi terus dikembangkan.

Kegiatan selanjutnya visiting dan ceking kelengkapan dokumen penunjang. Drs. H. Sobari Amin, M.Pd.I ceking dokumen tugas manajerial dan supervisi. Drs. H. Imronuddin, M.S.I. ceking dokumen usaha pengembangan madrasah dan kewirausahaan. Visiting dan ceking dokumen oleh tim penilai mengedepankan bimbingan sehingga menghilangkan ketegangan. Upaya membangun kelengkapan dokumen tetap ditonjolkan dan disempurnakan.

Reviuw PKKM secara umum dikategorikan baik. Penjabaran EDM, RKJM, RKTM, RKT yang berkesinambungan dengan program kerja. Monitoring merunut 8 Standar Nasional Pendidikan. Supervisi akademik dan manajerial serta tindaklanjut untuk ditingkatka. Launching perpustakaan digital agar menjafi piloting madrasah. Peningkatan kerja sama / MoU untuk mendukung program madrasah. Kelengkapan unsur penilaian dioptimsalkan. Jiwa kewirausahaan perlu ditingkatkan untuk produk ataupun jasa, mendukung semangat kerja, etos kerja, dan lebih baik.

Sukses PKKM Sukses Kinerja. (MC-NA/MTb/bd)