081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Kemenag Kota Semarang Terima 14 Mahasiswa PPL BPI Fak. Dakwah UIN Walisongo

Kota Semarang (Humas) – Jumat (30/8/2024), Rachmad Pamudji selaku Plt. Kasubbag Tata Usaha menerima 14 mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah UIN Walisongo di Ruang Rapat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang.

Keempatbelas mahasiswa tersebut akan melaksanakan PPL di lingkungan Kankemenag Kota Semarang selama kurang lebih satu bulan, 30 Agustus – 30 September 2024.

Kepada para masasiswa PPL, Pamudji menerangkan, Kementerian Agama merupakan satu kementerian yang unik. “Kementerian Agama merupakan lembaga pemerintah yang bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama diantaranya, mengawal moral bangsa, menata kehidupan umat beragama, membina kehidupan beragama secara berkesinambungan, serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai dan dinamis,” tuturnya.

“Karena itulah, dalam pelaksanaan tusinya, Kementerian Agama banyak berhubungan dengan lintas sektoral. Bahkan, ada yang mengatakan, Kementerian Agama itu mengurusi warga negara dari belum lahir sampai meninggal. Unik memang,” sambungnya.

Lebih lanjut Pamudji menguraikan contoh pelaksanaan tusi dimaksud. “Orang mau menikah, menjadi urusan Kementerian Agama. Selain itu Kementerian Agama juga memberikan layanan dalam ibadah haji, pendidikan agama, TPQ, Madin, pesantren, ijin pendirian tempat ibadah, sertifikasi halal, zakat, MTQ, bimbingan perkawinan seperti pencegahan stunting, KDRT, pernikahan dini, serta pencegahan radikalisme, dan masih banyak lagi tusi lainnya. Bahkan, orang yang sudah meninggal, terkait pembagian harta waris dan wakaf, juga menjadi urusan Kementerian Agama,” paparnya.

Untuk itu, Pamudji berharap, mahasiswa PPL Jurusan BPI Fak. Dakwah UIN Walisongo bisa memanfaatkan kesempatan memperluas wawasan pada saat melaksanakan praktik pengalaman lapangan di Kemenag Kota Semarang. “Mumpung disini bisa belajar gratis, manfaatkan kesempatan yang ada. Karena begitulah kurang lebih dunia kerja yang sesungguhnya. Banyak bertanya jika tidak tahu atau belum faham. Semoga bermanfaat,” pungkasnya.(Dintha/Nba)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content