Kemenag Siap Bersinergi dengan Pemkot Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Rabu (25/5/2022) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Mukhlis Abdillah melakukan audiensi dengan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi di Balaikota Semarang.

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut, Mukhlis Abdillah didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi dan Penyelenggara di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Hendrar Prihadi didampingi Asisten 1 Muhammad Khadik, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Tuning Sunarningsih, dan staf Bagian Hukum Setda Kota Semarang, menyambut baik kedatangan Mukhlis beserta rombongan.

Ada beberapa hal yang menjadi pembicaraan penting dalam kegiatan tersebut.

Pertama, Kankemenag Kota Semarang siap bersinergi dengan Pemkot Semarang dalam melaksanakan program-program pemerintah guna mewujudkan Kota Semarang yang semakin hebat.

Hendrar Prihadi menuturkan Kemenag memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Semarang. “Kami nderek titip anak-anak kami yang bersekolah di madrasah. Kami juga berterima kasih kepada Kemenag yang telah memberikan layanan kepada sedulur Kota Semarang, dan bersama turut menciptakan serta menjaga kerukunan dan kondusivitas Kota Semarang,” tuturnya.

Kedua, Hibah tanah Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk Kemenag, yang selama ini telah digunakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) dan madrasah negeri. Hendrar Prihadi menuturkan bahwa dalam waktu dekat akan melakukan serah terima atas hibah tanah dimaksud. “Kami berharap serah terima hibah tanah segera terealisir, sehingga Kankemenag  bisa segera mengusulkan rencana anggaran berikutnya untuk pembangunan gedung,” tutur Walikota Semarang.

Ketiga, Ruslag KUA Kecamatan Mijen. Mukhlis menyampaikan telah mengusulkan KUA Kecamatan Mijen sebagai penerima SBSN pada tahun 2023. “Sesuai dengan juknis pengajuan SBSN KUA 2023 minimal luas tanah yang dipersyaratkan seluas 300 m2, untuk itu kami berharap Pemkot Semarang dapat mencarikan tanah lain dengan luas yang memenuhi standar bangunan dimaksud,” ujar Mukhlis Abdillah.

Keempat, Agenda pemberangkatan jamaah haji Kota Semarang tahun 1443 H/2022 M. “Tahun ini insya Allah kami akan memberangkatkan jamaah haji Kota Semarang sebanyak 908 jamaah. Untuk itu, kami mohon kesediaan Bapak Walikota untuk rawuh dan memberikan pesan kepada jamaah haji Kota Semarang, yang akan kami laksanakan pada 1 Juni di UIN Walisongo,” terang Mukhlis Abdillah.

Kelima, Gelaran Pesparawi Tingkat Nasional. “Kontingen Kota Semarang mewakili Jateng dalam Pesparawi Tingkat Nasional yang akan berlangsung bulan depan. Ada 5 cabang lomba yang diikuti oleh Kota Semarang,” ujar Mukhlis Abdillah.

Keenam, Permohonan dukungan Pemkot Semarang dalam kepesertaan BPJS bagi tenaga kerja di tempat ibadah, pengajar lembaga pendidikan agama dan keagamaan Kota Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Hendrar Prihadi juga memohon doa restu dari Kankemenag Kota Semarang dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi Kota Semarang. “Rob dan tanggul jebol kemarin menjadi problem baru bagi kami, mohon doanya agar bisa segera teratasi. Kami sudah mengambil gerak cepat untuk mengatasi permasalahan tersebut, bahkan sampai hari ini masih berlangsung,” pungkasnya.(Hanum/NBA/bd)