Kendal Berangkatkan 21 Kafilah MTQ Tingkat Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Pemerintah Kabupaten Kendal bersama Kementerian Agama Kabupaten Kendal berangkatkan 21 peserta untuk mewakili kabupaten pada perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Umum XXIX tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022. Pelepasan peserta MTQ berlagsung di rumah dinas bupati Kendal, Kamis (21/7).

Dalam kesempatan ini bupati, Dico menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta MTQ yang telah lolos hingga terpilih menjadi perwakilan Kabupaten. Bupati meminta kepada seluruh peserta untuk percaya diri pada kemampuan yang dimiliki. Pihaknya juga meminta kepada para official, pendamping dan pelatih untuk dapat memberikan motivasi kepada para peserta mengingat pentingnya peran pelatih dan pendamping ini bagi para peserta.

“Selamat kepada para peserta terpilih yang telah banyak berjuang untuk bisa maju ke ajang MTQ tingkat Provinsi. Tetap semangat dan yakin pada kemampuan diri, kami berharap seluruh peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga insyaAllah bisa membawa pulang prestasi yang membanggakan,” ujar Bupati Dico M Ganinduto.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal mengungkapkan MTQ merupakan ajang untuk menanamkan ajaran dan nilai-nilai Al Quran kepada generasi muda. Tak hanya sekadar lomba, yang terpenting adalah membentuk pribadi yang berakhlak baik sesuai ajaran kitab suci Al Quran.

“MTQ ini juga sebagai ajang meningkatkan pengetahuan dan sumber daya manusia khususnya di bidang seni baca Al Qur’an dan pemahaman tentang isi Al Qur’an. Selain sebagai media dakwah, MTQ juga mampu memberikan dorongan terhadap pembangunan Kabupaten Kendal utamanya dibidang keagamaan,” ungkap Mahrus.

Untuk cabang lomba yang diikuti pada MTQ Tingkat Provinsi Jawa Tengah meliputi tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, tahfidz 1 juz, tahfidz 5 juz, tilawah tuna netra, tartil, tafsir dan syarhil quran. Gelaran MTQ akan berlangsung di kota Semarang pada 22-25 Juli 2022. (bel/rf)