Kepala Kantor Kemenag Kab. Temanggung Pimpin Apel Pagi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Dalam memberikan pembinaan dan informasi kepada pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung, H. Fatchur Rochman pimpin apel setiap Senin. Apel dilaksanakan di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Senin (10/07).

Dalam arahannya, Fatchur Rochman menyampaikan bahwa dalam sebuah organisasi atau lembaga agar dapat berjalan dengan lancar maka harus dibangun kerjasama dengan baik.

“Untuk itu kekompakan dalam bekerja harus diterapkan, begitu juga dalam menjalankan tugas kantor,” pesannya.

Seperti pesan yang disampaikan oleh bapak Kakanwil tentang lagu jawa yang tidak asing di telinga kita yaitu “Gundul-gundul Pacul”. Lagu tersebut sangat memiliki makna yang baik, peringatan juga bagi kita untuk tidak sembrono atau seenaknya sendiri dalam menjalankan amanah yang telah diberikan, misal sombong dengan pangkat/golongan kita.

Lebih lanjut disampaikan makna dari lagu “Gundul-gundul pacul” yaitu menggambarkan gundul berarti kepala dengan segenap panca indera lainnya. Pacul artinya “papat jangan sampai ucul”.

“Empat makna panca indera kita, pertama, adalah mata yang digunakan untuk melihat kebaikan orang sesama kita. Jangan sampai mata kita untuk melihat keburukan atau kejelekan orang lain. Jangan iri dan dengki. Kedua yaitu telinga yang digunakan untuk mendengarkan nasihat. Siapapun yang memberikan kebaikan kita harus menerimanya jangan memandang status orang yang memberikan nasehat. Meskipun saya disini adalah seorang kepala atau orang yang dituakan tetapi saya juga tidak akan anti dengan nasihat-nasihat dari panjenengan semua. Ketiga adalah hidung yang digunakan untuk mencium, kita harus tahu apa kesusahan yang sedang dialami teman-teman kita, kita harus waspada dan tanggap terhadap kesusahan teman-teman kita. Keempat yaitu mulut yang digunakan untuk berkata baik, mulut adalah sesuatu yang kecil tetapi dapat berakibat besar apabila kita tidak baik dalam menggunakannya, berbicaralah yang baik-baik tidak ada orang yang tersakiti oleh ucapan-ucapan kita,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya beliau mengingatkan terkait realisasi anggaran sesuai dengan pesan Menteri Agama, diharapkan 70 persen pada bulan Juli 2023 ini harus sudah terealisasi.(sr/rf)