Kepala Kemenag Pekalongan Buka UABN -MDT

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan (Humas) — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Nurul Furqon, membuka secara simbolis pelaksanaan Ujian Akhir Berstandar Nasional Madrasah Diniyah Takmiliyah (UABN-MDT) Tingkat Kabupaten Pekalongan. Bertempat di MDT Nurul Islam, Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan pada hari Sabtu (17/02/2024).

Dikatakan Furqon, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakanya UABN MDT UABN MDTA adalah untk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik MDTA dalam bidang agama Islam, memberikan informasi kepada peserta didik, orang tua, dan masyarakat tentang pencapaian kompetensi peserta didik MDTA, meningkatkan mutu pembelajaran dan kualitas lulusan MDTA

“Pemerintah melalui Kankemenag memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada para ustadz ustadzah yang telah mentransfer ilmu pengetahuannya kepada putra putri peserta didik agar kelak menjadi generasi Islam yang tangguh dan berkualitas. Juga kepada Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten atau Kecamatan yang telah melaksanakan ujian ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Furqon berpesan kepada para santri agar dalam mengerjakan soal ujian, para santri untuk selalu hati-hati, cermat dan teliti sehingga bisa mengurangi tingkat kesalahan dan memperoleh nilai yang menggembirakan.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara Ustad Zaenal Arifin dalam sambutannya mengatakan bahwa ujian tahun ini diikuti oleh 1.551 santri yang terbagi dalam beberapa Wilayah FKDT Kecamatan :

  1. Kec. Bojong : 189 santri
  2. Kec. Talun : 142 santri
  3. Kec. Kesesi : 107 santri
  4. Kec. Doro : 110 santri
  5. Kec. Siwalan : 117 santri
  6. Kec. Tirto : 132 santri
  7. Kec.Wonopringgo : 111 santri
  8. Kec. Kajen : 30 santri
  9. Kec. Kedungwuni : 155 santri
  10. Kec. Wiradesa : 88 santri
  11. Kec. Wonokerto : 51 santri
  12. Kec. Kandangserang : 30 santri
  13. Kec. Karanganyar : 10 santri
  14. Kec. Paninggaran : 54 santri
  15. Kec. Buaran : 76 santri
  16. Kec. Karangdadap : 165 santri
  17. Kec. Sragi : 0
  18. Kec. Petungkriyono : 0
  19. Kec. Lebakbarang : Belum Ada Pengurus DPAC. FKDT-nya

Adapun mata pelajaran yang diujikan diantaranya Al Quran, Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab
Ujian akan berlangsung mulai hari Sabtu, 17 Pebruari 2024 hingga hari Selasa, 20 Pebruari 2024. (MZM/MTb/bel)