Kepala KUA Dorong Penyuluh Sukseskan Pengarusutamaan Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Moderasi beragama merupakan fondasi untuk membangun toleransi beragama. Penyuluh Agama di jajaran Kementerian Agama memiliki tanggungjawab yang dan menjadi salah satu gardan terdepan dalam menyukseskan program pemerintah tersebut.  Demikian disampaikan kepala KUA kecamatan Magelang Selatan Nur Achsan dalam rapat koordinasi pembinaan penyuluh agama Islam PNS di wilayahnya, (Kamis, 28/7)

“Toleransi dicanangkan pemerintah untuk menciptakan kerukunan baik antar umat seagama maupun antar umat beragama. Toleransi menjadi kunci dalam penguatan sikap moderat umat di negara kita yang beragam agamanya, ” kata Nur Achsan.

“Penyuluh agama berada digarda terdepan dari kementerian agama dalam pelaksanaan program moderasi beragama,” tegasnya kemudian.

Lebih lanjut disampaikan bahwa program penguatan toleransi untuk kerukunan beragama sudah dicanangkan sejak awal tahun 2022. Gus menteri telah menyampaikan hal tersebut disemua lini jajarannya. Menteri agama juga telah menyampaikan harapannya agar penyuluh agama mampu menjadi Kopasusnya kementerian agama dalam pengarusutamaan moderasi beragama, karena mereka yang langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan di kantor KUA Kecamatan Magelang Selatan Jl. Gunung Jati 25 Kelurahan Jurangombo Utara Kecamatan Magelang Selatan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menguatkan peran penyuluh agama Islam diwilayah tugasnya. Sehingga terbangun kehidupan bermasyarakat yang harmonis. (Wahono/Hari/rf).