Koreksi Bersama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, – Rabu (5/4/23) Koreksi bersama secara silang dilaksanakan guru MAN Pekalongan usai perhelatan Asesmen Madrasah (AM). Koreksi bersama secara silang untuk memperoleh objektivitas hasil pekerjaan peserta AM. Koreksi bersama secara silang dilakukan korektor 1 dan 2 di ruang korektor 1 dan 2. Kegiatan koreksi berlangsung mulai pukul 08.00 – selesai.

Pekerjaan koreksi Asesmen Madrasah tahun ini lebih rumit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal yang menjadikan lebih rumit berdasarkan bentuk soal yang disajikan. Bentuk soal umum meliputi pilihan ganda (30), uraian singkat (10) dan essay (5). Bentuk soal jurusan meliputi pilihan ganda (25), uraian singkat (10) dan essay (5). Bentuk soal yang berbeda diikuti pedoman penskoran yang berbeda pula. Bentuk soal yang membedakan dengan tahun sebelummnya adanta uraian singkat yang memerlukan jawaban singkat/pendek.

Prodesur pelaksanaan koreksi bersama secara silang pertama diawali pengkodean lembar jawab berdasarkan ruang oleh panitia secara bertahap usai pelaksanaan AM pada hari tersebut. Kedua, lembar jawab dipotong jadi 2 dengan batas identitas dan jawaban serta dimasukan ke amplop terpisah. Ketiga, korektor mendapatkan lembar jawab tersegel yang telah dikodefikasi, kunci jawaban, soal dan tabel penilaian. Keempat, korektor mengoreksi hasil AM tanpa coretan di lembar jawab secara silang dan menilai di formt penilaian. Kelima, korektor menyerahkan nilai AM.

Usai koreksi hasil AM nilai dientri petugas entri secara bertahap. Bobot nilai Asesmen Madrasah 40 % digabungkan dengan rata-rata nilai rapor semester 3,4 dan 5. Nilai tersebut akan menjadi nilai ijasah. Capaian nilai menjadi salah satu indikator kualitas madrasah. (MC-NA/MTb/bd)